Minggu, 17 Juli 2016

JATAH GURU DILINDUNGI UU NOMOR 14 TAHUN 2005





Para guru SMPN 20 Balikpapan Utara
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Thohari Aziz mempertanyakan Kebijakan Dinas Pendidikan Balikpapan menerapkan jatah dua persen kepada anak guru untuk masuk sekolah negeri. Thohari Azis dengan tegas menyayangkan kebijakan Disdik yang terkesan kurang adil. Dinilai kebijakan tersebut tidak sejalan dengan surat edaran dan pernyataan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang meminta tidak ada lagi siswa titipan dalam Penerimaan Peserta Dididk Baru (PPDB) online untuk tahun ajaran 2016-2017.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Muhaimin mengatakan ada beberapa alasan adanya jatah guru memasukkan siswa baru. Yaitu di amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Di pasal 19 disebutkan bahwa keluarga guru termasuk anak guru harus difasilitasi masalah pendidikan oleh karena itu diberikanlah kemudahan secara khusus. 


”Kami berpendapat, dari seluruh PPDB, guru yang bisanya mengajar, logikanya masa anaknya harus susah mencari sekolah. Oleh karena itu kami dari panitia PPDB mengalokasikan dua persen untuk mengakomodir Undang-undang itu agar anak guru difasilitasi masuk sekolah negeri,” ujarnya. 

Alasan kedua adalah sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada guru yang selama ini telah membesarkan dan mencerdaskan anak-anak orang lain. ”Nah sementara untuk anaknya sendiri tidak terjamin masalah pendidikannya, jadi semangatnya ke sana,” imbuh Muhaimin. 

Dikatakan Muhaimin lebih jauh bahwa jatah guru ini bukan praktik titipan siswa karena kuota dan dan peraturannya jelas. Terkait keberatan anggota DPRD atas kebijakan jatah dua persen untuk anak guru, Dinas Pendidikan Kota Balikpapan,Muhaimin mengaku bahwa masalah ini sebenarnya sudah dikomunikasikan juga dengan DPRD Kota Balikpapan. 

”Sebenarnya sudah kami komunikasikan kepada Komisi IV DPRD Balikpapan, bahwa dalam PPDB tahun ajaran 2016-2017 ini akan mengakomodir anak guru sebagai bentuk apresiasi dan dukungan kepada guru yang selama ini mencerdaskan anak orang lain,” tutur Muhaimin. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM