Minggu, 17 Juli 2016

Calhaj Kloter 12 Terbang ke Makkah 25 Agustus

Peserta manasik haji 1437 H.(bahar sikki/kk)
SANGATTA,KABARKALTIM.CO.ID- Calon jamaah haji (Calhaj) Kutim gabung calhaj Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kukar), dan Berau terbang dari Bandara  Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikapan menuju  Makkah mennumpangi pesawat Garuda pada Kamis (25/8/2016) mendatang. Namun sebelum tamu Allah tersebut diberangkatkan ke tanah suci Makkah, mereka terlebih dahulu mengikuti manasik haji (pembekalan), guna memberi pemahaman yang benar tentang syarat-syarat yang wajib, dan yang sunnah selama dalam menunaikan ibadah hingga menjadi haji mabrur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Fahmi Rasyad melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Abdul Majid menyebutkan, umat Islam Kutim  yang berangkat menunaikan rukun Islam ke-5 1437 Hijriah sebanyak 133 orang ditambah seorang petugas. Sesuai jadwal 25 Agustus 2016 Calhaj yang tergabung dalam kelompok tebang (kloter) 12  gelombang 2 adalah kloter terakhir tepat pukul 11.00 Wita sudah berada di Asrama Haji Batakan,Balikpapan. Maka dari itu Calhaj Kutim sudah diberangkatkan dari Sangatta menuju kota minyak Balikpapan menumpangi bus pada Rabu (24/8/2016). 

"Untuk itu, para Calhaj jaga kesehatan dengan baik," imbuhnya.


Nantinya, 360 Calhaj pada kloter 12 kurang lebih 10 hari berada di Tanah Suci Makkah untuk menunaikan rangkaian ibadah haji. Persis tanggal 10 September 2016 (10 Zulhijjah 1437 H) sekira 4 jutaan umat Islam kumpul wukuf di Padang Arafah melaksanakan salah satu rukun wajib  demi sahnya ibadah fisik bagi yang mampu. Pada Selasa (4/10/2016) para jamaah haji sudah kembali di tanah air untuk berkumpul bersama keluarga. Calhaj kloter 12 di Arab Saudi sekira berjarak 2.000 meter dari pemondokan ke Masjidil Haram.

"Para tamu Allah disediakan angkutan bus. Bisa juga jalan kaki dari pemondokan ke Masjidil Haram. Terserah saja jamaah mau pilih mana. Naik bus atau jalan kaki. Tak masalah," kata Abdul Majid di hadapan peserta manasik.

Dari 133 calhaj Kutim yang mendapat kesempatan naik haji terdiri 70 perempuan dan 63 laki-laki. Calhaj Kutim, Kukar, Balikpapan dan Berau gelombang 2 akan bimbing langsung Husaini selaku Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD). Yang gabung dalam kloter 12 nanti ada dokter Fahruddin dibantu 2 perawat sebagai tim medis.

Sedangkan Panitia Manasik Taher mengatakan, pembekalan terhadap Calhaj sengaja digelar selama 4 hari terhitung18-21 Juli di Gedung Wanita, Kawasan Pusat Perkantoran Bukit Pelangi guna memberi pemahaman, pelayanan, perlindungan dan kesehatan agar tamu Allah tersebut selama melaksanakan rangkaian ibadah suci tidak ada kesalahan. Seperti pada waktu Sai, Tawaf, Wukuf, melontar jumrah,Tahallul dan ibadah lainnya. Tawaf mengelilingi Kakbah sebanyak 7 kali harus berlawanan dengan arah jarum jam.

Manasik haji digelar dua level. Ada manasik haji tingkat kabupaten, dan ada manasik haji tingkat kecamatan. Manasik haji ini, panitianya dari Kantor Urusan Agama (KUA) 5 kecamatan se-Kutim. Yaitu, kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon, Rantau Pulung, dan Kecamatan Batu Ampar. Untuk itu bagi Calhaj hendak mengikuti manasik dengan sungguh-sungguh yang disampaikan para pemateri dari Kemenag, serta Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika. Dengan begitu, semoga semua tamu Allah SWT selamat tak kurang apapun hingga kembali di tengah masyarakat menjadi suri tauladan, amin. (ri)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM