Rabu, 13 Juli 2016

Bincang-bincang bersama Yusran Aspar : Ingin Manfaatkan Siswa Usia untuk Kemajuan PPU



Yusran Aspar
PENAJAM,  KABARKALTIM.CO.ID-Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H Yusran Aspar  mengungkapkan di sisa usianya kini, dirinya  ingin benar-benar fokus untuk ibadah dan memanfaatkan waktu yang ada untuk membangun Kabupaten PPU menjadi lebih baik lagi. Tidak sekadar diucapkan semata, dirinya mengatakan telah membuktikan bagi kemajuan daerah ini dan akan terus berjuang menciptakan ide-ide brilian demi kemajuan tanah Benua Taka tercinta. 

“Sebenarnya jika saya mau jadi bupati ala Bang Toyib bisa saja. Misalkan setiap ada kegiatan saya tugaskan ke wakil atau bawahan saya yang lain. Tapi itu tidak mau saya lakukan, karena memang semua itu  semata-mata untuk kemajuan daerah ini,“ ungkap Yusran. 

Namun kata dia, bila masih ada anggapan yang  mengatakan bahwa dirinya begitu ambisius untuk menjadi kepala daerah itu tidak benar. Karena menurutnya, di usianya yang tidak muda lagi tersebut, tuntutan kebutuhan hidup juga tidak besar. Sehingga dirinya merasa bersyukur dengan apa yang telah ada selama ini. 


“Satu contoh, anak-anak kami semua juga telah hidup secara mandiri. Oleh karena itu kami merasa bersyukur dengan apa yang telah ada ini sehingga tidak benar jika ada anggapan bahwa kami begitu ambisius menjadi kepala daerah,“ ungkapnya. 

Digambarkan dia, mengapa dirinya begitu ambisius memperjuangkan pembangunan jembatan tol PPU-Balikpapan sejak dulu. Menurutnya, karena jembahkan tersebut merupakan kunci utama bagi kemajuan pembangunan daerah. Bukan hanya bagi PPU dan  Balikpapan, tetapi jembatan tersebut merupakan kebutuhan bagi seluruh masyarakat Kalimantan. 
  
“Lantas apa untungnya bagi kami begitu memperjuangkan pembangunan ini jika buka semata-mata hanya karena untuk mewujudkan pembangunan yang berujung pada kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, “ungkapnya.

Ia mengatakan, munkin sebagian masyarakat tidak mengetahui atau memang belum terekspose tentang kemajuan-kemajuan daerah ini yang telah  diciptakan. Salah satunya kata dia, seperti pembangunan melalui pembentukan UPTD di masing-masing kecamatan yang ada di PPU saat ini.

Hasilnya melalui UPTD tersebut lanjut dia, semua persoalan-persoalan mulai jalan, drainase, jembatan dan sebagainya hingga pedesaan yang ada di PPU mampu diatasi oleh masing-masing UPTD yang telah disediakan di masing-masing kecamatan. Masyarakat desa atau kelurahan tingggal mengusulkan di masing-masing kecamatan yang ada tanpa harus melalui proses panjang seperti sebelumya.

“Dulu ketika desa akan membangun sebuah jalan, kita masih harus melalui proses panjang yang di sampaikan melalui musrembang desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten yang prosesnya sangat panjang hingga satu tahun. Kini semua persoalan itu telah terpecahkan dengan adanya UPTD di masing-masing kecamatan. Bahkan gagasan ini memperoleh penghargaan terbaik nasilonal. 

Begitu juga kemajuan-kemajuan lainnya yang telah diciptakan di PPU. Kini di kecamatan juga telah dibentuK pelayanan terpadu kecamatan atau paten. Ada juga pelayanan air bersih siap minum di pedesaan dan sebagainya yang semua itu telah dikonsep memang untuk memberikan pelayanan terbaik bagi kesejhteran seluruh masyarkt daerah ini, “ terangnya. 
  
Dirinya juga menceritakan, Kabupaten PPU  ketika diawal-awal pemekaran dulu segala sesuatunya sangat terbatas. Termasuk anggaran daerah yang dimiliki  sangat kecil. Sementara itu segala sesuatunya harus dipenuhi, termasuk fasilitas pembangunan gedung perkantoran yang ada di daerah ini. Lantas kata dia, apa jadinya jika saat itu semua pembangunan fasilitas gedung perkantoran yang ada tidak melalui perencanaan yang baik kata dia. 

“Misalkan saat itu kantor bupati dibangun di wilayah silkar, kemudian kantor DPRD di kelurahan Gunung Seteleng dan sebagainya. Atau pembangunan gedung perkantoran dengan seadanya, misalkan kantor bupati mengunakan atap sirap, itu semua bisa saja saya lakukan jika saat itu mau.  Namun semua itu tidak dilakukan, karena kami memang memahami konsep pembangunan yang baik untuk jangka panjang. Begitu juga pembangunan-pembangunan lainnya di PPU yang telah kami konsep dengan baik pasti akan bermanfaat dalam jangka panjang kedepan, pungkas Yusran Aspar. (humas6)                
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM