Kamis, 14 Juli 2016

189 Mahasiswa Unmul Laksanakan KKN di PPU

PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Sebanyak 189 mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, angkatan 42 Tahun 2016 melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Dijadwalkan mahasiswa ini akan melaksanakan KKN yang tersebar di desa dan kelurahan di empat kecamatan di PPU.  

Demikian disampaikan oleh Sekretaris Kantor BPM-PD Kabupaten PPU, H. Saidin di sela-sela kegiatan penerimaan mahasiswa ini, Rabu, (13/7/2016) beberapa waktu lalu, yang juga dihadiri perwakilan Rektor Unmul,  Dekan Fakultas Teknik Unmul Dahlan Balfas. 

“Jumlah peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unmul Samarinda Angkatan 42 Tahun 2016 di Kabupaten PPU tersebut sebanyak 189 orang akan tersebar di lima belas Kelurahan/Desa di 4 Kecamatan. Pelaksanaannya mulai tanggal 13 - 30 Agustus 2016 atau 49 hari,“ terang Saidin. 


Dikatakan dia, setelah sampai lokasi, tahapan pelaksanaan KKN mahasiswa akan langsung menyesuikan diri dengan program kegiatan yang telah disusun kepada Lurah/Kepala Desa. Mahasiswa KKN juga akan memperkenalkan diri kepada masyarakat dan program kegiatan yang akan dilaksanakan, selanjutnya melaksanakan program kegiatan dan melaporkan kegiatan yang dicapai.
 
Tujuan KKN tersebut kata Saidin, dalam rangka meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada masyarakat lemah, melakukan terapan IPTEKS berbasis Riset secara teamwork dan multi-interdisipliner mahasiswa di masyarakat di bawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan

Realisasinya di lapangan kata dia, harus sekaligus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan sehinga KKN memiliki arah yang ganda yaitu memberikan pendidikan pelengkap kepada masyarakat dan sekaligus membantu masyarakat, melancarkan pembangunan di lokasinya masing-masing.  

“Nantinya diharapkan akan terjadi keterikatan dan saling ketergantungan baik secera fisik maupun emosional antara perguruan tinggi dan masyarakat, sehingga pada gilirannya akan terasa bahwa peranan perguruan tinggi sebagai pusat ilmu pengetahuan, seni, dan teknologi menjadi lebih nyata,“ ungkapnya. 

Sementara tujuan bagi pemerintah daerah lanjutnya, untuk memperoleh pemikiran dan tenaga serta ilmu, teknologi dan seni dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan. Memperoleh cara-cara baru yang dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan dan melaksanakan pembangunan, memperoleh manfaat dan bantuan tenaga mahasiswa dalam melaksanakan program dan proyek pembangunan yang berada dibawah tanggung jawabnya. (humas6)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM