Kamis, 23 Juni 2016

Yusran Aspar Laporkan Penghimpunan Zakat PPU kepada Gubernur



PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID – Bupati Penajam Paser Utara (PPU)  Yusran Aspar melaporkan secara langsung hasil pengumpulan zakat, infak dan sedekah Kabupaten PPU yang telah terkumpul hingga saat ini melalui video teleconference dengan Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, Rabu, (22/6/2016) di aula lantai tiga Kantor Bupati PPU.
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati PPU, H. Mustaqim MZ, Kapolres PPU AKBP Raden Djarot Riadi serta sejumlah kepala SKPD dilingkungan pemerintah Kabupaten PPU. Selain PPU, video teleconference dari Gubernur Kaltim ini juga diikuti seluruh Kabupaten /Kota se-Kaltim.


Dalam laporannya kepada gubernur kaltim, Yusran Aspar mengatakan bahwa PPU menargetkan baik zakat, infak maupun sedekah pada tahun 2016 ini akan mencapai Rp 5 miliar lebih. Untuk saat ini kata dia, perolehan atau pengumpulan zakat profesi, infaq dan sedekah hingga bulan Juni 2016 ini saja, sebesar Rp 2.060.350.490.

Sementara untuk pendistribusian zakat kepada mustahik atau penerima zakat hingga 20 juni 2016 ini sebesar Rp 1.526.396.620 dengan rincian faqir sebesar Rp 6.99 juta untuk 2.330 orang, miskin sebesar Rp 410 juta untuk 1020 orang, Sabilillah sebesar Rp 212 juta untuk 110 orang, Ibnu Sabil Rp 28 juta lebih untuk 93 orang, mualaf sebesar Rp 11 juta untuk 27 orang dan amil kecamatan, SKPD dan Baznas kecamatan sebesar Rp 160 juta lebih untuk 125 orang.

“Kami targetkan pengumpulan zakat, infaq dan sedekah tahun 2016 ini di Kabupaten PPU mencapai Rp 5 miliar,“ terang Yusran kepada Awang Faroek.

 Sementara itu lanjut Yusran, pendistribusian zakat, infak dan sedekah tersebut juga dilakukan dalam beberapa bentuk barang dan program, seperti seragam sekolah, tas perlengkapan sekola, bedah rumah, bantuan modal usaha, sunat masal, beasiswa dan sebagainya. Sementara untuk program dan kegiatan meliputi bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dan keagamaan.
Menurut Yusran, melalui video teleconference tersebut, diharapkan dapat menjadi ajang silaturahmi sekaligus menjadi salah satu bentuk kebangkitan zakat di Indonesia. “Kami pemerintah daerah kabupaten PPU sangat mendukung program kaltim berzakat 2016 dari gubernur kaltim ini. Selain itu, diharapkan kegiatan teleconference semacam ini akan menjadi ajang silahturahmi yang baik, khususnya di Kaltim, “ pungkasnya.


Pada kesempatan tersebut, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) PPU melakukan penerimaan zakat fitrah, infaq dan sedekah dari pejabat dan staf dilingkungan PPU yang di awali oleh bupati PPU H. Yusran Aspar, dilanjutkan Wakil Bupati PPU, Mustaqim MZ dan Sekretaris Daerah, H. Tohar. (humas6)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM