Kamis, 23 Juni 2016

Tekan Defisit Listrik, Pemkab PPU Gunakan Teknologi LED


Yusran Aspar
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Minimnya pasokan daya listrik yang mengakibatkan seringnya pemadaman bergilir membuat Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berencana tahun ini mengganti lampu penerangan dengan lampu berteknologi LED. Hal itu dilakukan guna menekan defisit saya listrik yang saat ini mencapai 1,5 megawatt. 

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar mengungkapkan sebagai tahap awal pihaknya akan mengganti seribu lampu penerangan jalan umum dengan menggunakan lampu LED, Selanjutnya  penggunaan LED akan dilakukan pada kantor-kantor pemerintahan. 

"Listrik akan diganti lampu LED semua jalan di kecamatan akan terang benderang," ungkap Yusran yang mengimbau kepada masyarakat bisa menggunakan lampu LED, karena biasanya masyarakat membayar Rp 100 ribu ke PLN bisa menjadi Rp 20 ribu. "Ini hemat 80%," lanjut Yusran kepada media ini Rabu (22/06/2016). 


Dengan rencana penggantian lampu penerangan ke LED tersebut diperkirakan dapat menghemat daya hingga 80 persen. Ia menyatakan penggunaan LED sebagai penerangan sebagai bentuk pemanfaatan  kemajuan teknologi  dalam melakukan penghematan daya listrik, Sehingga  beban penggunaan daya  listrik saat ini dapat berkurang. 
 
Terlebih Ia menilai penggunaan lampu LED akan menghemat biaya pemakaian listrik dengan tidak mengurangi kualitas cahaya yang dihasilkan penggantian lampu penerangan dengan LED diproyeksikan mulai dilakukan tahun ini. "Lampu LED itu tetap terang seperti lampu yang ada sekarang hanya tidak banyak menggunakan daya bahkan mencapai 80% ," ungkapnya. 

Sementara untuk pengerjaan hingga pemeliharaanya akan ditawarkan kepada investor pengusaha eSmart LED Lighting solutions, Tanki Muhammad Zubair Maqbool yang membawahi perusahaan produsen lampu dan elektronik dari Kota Mumbai, India. 

Yusran menambahkan jika penggantian lampu LED dilingkup pemerintahan sudah terealisasi pihaknya akan meminta masyarakat untuk melakukan hal serupa sehingga daya listrik yang dibutuhkan akan terpenuhi  bahkan surplus hingga 9 megawatt. (hmd)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM