Sabtu, 18 Juni 2016

SMK Sinar Pancasila Siapkan SDM Berkualitas



BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Menelusuri jejak langkah pencapian SMK Sinar Pancasila Balikpapan ternyata mengalami perjalanan panjang. Melalui beberapa tahapan dalam kiprah pendidikan sekolah tersebut, terus melakukan berbagai pembenahan. Sekolah kejuruan yang dibuka pada tahun 2010 itu, sudah mengalami 2 pergantian kepala sekolah. 

Gedung sekolah yang megah berlantai 2 dengan atap genteng yang lokasinya terletak di perkampungan pelajar Gunung Pasir Balikpapan memiliki 6 ruang kelas terasa nyaman untuk sebuah kawasan pendidikan. Fasilitas sekolah yang lengkap, mempermudah siswa-siswi untuk melakukan berbagai kegiatan belajar mengajar. 

Dari pelajaran wajib,umum sampai pada ekstrakurikuler (eskul). Dengan senyumnya yang ramah, Drs H Yudi-kepala sekolah setempat, memaparkan sejarah berdirinya SMK Sinar Pancasila Balikpapan. Lima generasi sudah dialami sekolah tersebut, yakni pada generasi pertama yaitu pada tahun 2010, merupakan generasi perintis. Pada awal pendirian sekolah kejuruan hanya mendidik 16 siswa terus mengalami penurunan hingga sampai 12 siswa bahkan pernah mengalami mendidik 4 siswa itu terjadi pada tahun 2011, ketika itu masih dijabat kepala sekolah sebelumnya. 


”Namun setelah kami ditunjuk sebagai kepala sekolah tepatnya pada tahun ajaran 2012-21013 lalu, dengan modal nekad dan didasari niat yang penuh optimis kami terus melakukan berbagi upaya pembenahan dengan bekerja keras dan ikhlas. Menyebarluaskan dan mengenalkan SMK Sinar Pancasila kepada semua masyarakat baik melakukan pendekatan maupaun melalui media masa, tujuanya adalah agar masyarakat dapat mengetahui bahwa SMK Sinar Pancasila telah dibuka dan menerima siswa lulusan SMP/MTs," ujar H Yudi. 

"Mendaftar menjadi siswa di SMK tidak dipungut uang gedung, uang SPP, uang pendaftaran, hanya diwajibkan membayar uang kebersihan dan perawatan dan untuk siswa Gakin gratis. Seiring perjalanan waktu Setahap demi setahap mulai ada peningkatan terutama peningkatan jumlah siswanya yang sebelumnya boleh dibilang krisis siswa, namun sekarang sudah memiliki sebanyak 205 siswa dan 33 tenaga pendidik yang semuanya bergelar S1 dan S2,” imbuh H Yudi yang merupakan guru pengajar SMK Ibnu Khaldun. 

Di ruang kepala sekolah dengan mejanya yang sederhana, H Yudi menambahkan,saat ini jurusan yang ada di sekolah ini,yaitu Administrasi Perkantoran, Manajemen Keuangan, Mekanik dan Otomotif sepeda motor. SMK Sinar Pancasila akan terus melaksanakan pengembangan pendidikan sesuai dengan visi dan misi, dimana visinya adalah menjadikan peserta didik yang terampil, berwawasan imtaq dan Iptek. 

Misinya mempersiapkan peserta didik yang terampil dan mandiri, membina peserta didik menjadi beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menyiapkan peserta didik yang berwawasan lingkungan. Menurut dia dengan dibukanya SMK Sinar Pancasila ini ke depannya terus ditingkatkan, kalau dulu di era 80 an SMA Sinar Pancasila sangat terkenal, nah sekarang sedang diupayakan agar di masa yang akan datang SMK Sinar Pancasila akan dikenal lagi oleh seluruh masyarakat Kota Balikpapan. Eskul di bidang apa yang masih aktif dilaksanakan? Eskul yang aktif dilaksanakan adalah kegiatan di bidang olahraga seperti sepakbola, basket dan kegiatan kepramukaan, bahkan sudah dibentuk tim kesebelasan sepakbola dan basket SMK Sinar Pancasila. 

"Yang utama adalah akan terus meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan mempersiapkan sumberdaya manusia yang siap pakai, agar ke depannya para lulusan SMK Sinar Pancasila dapat diterima di kalangan pengusaha dan industri," tutur H Yudi. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM