Sabtu, 11 Juni 2016

SD Kemala Bhayangkari Balikpapan Juara III Nasional Lomba Budaya Mutu


  
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-SD Kemala Bhayangkari Balikpapan  memang pantas menjadi sekolah percontohan di Kalimantan Timur. Dari semua lomba yang diikuti  membawa harum Kota Balikpapan dan Kalimantan Timur,  mulai dari sekolah SEHAT JUARA 1 nasional, Pendidikan Karakter juara 1 nasional, kantin sehat juara 1 nasional , sekolah Adiwiyata Mandiri maupun lomba budaya mutu sekolah juara 3 nasional.  
 
Pada  grand final  lomba budaya mutu SD  nasional yang diselenggarakan di Padang 2-6 November 2015, kembali berjaya dan mendapatkan juara 3 lomba budaya mutu dari kategori bergengsi (whoul school) yaitu mutu sekolah secara keselurahan yakni budaya mutu pembelajaran, ekstrakurikuler, MBS, perpustakaan dan UKS. 


Dari 6 besar SD terbaik Indonesia hanya SD Kemala Bhayangkari dari luar Pulau Jawa,  (juara 1. SD Al Irsyad Bandung ,2. SD Al Hikmah surabaya, juara 3. SD Kemala Bhayangkari Balikpapan, juara 4. SD Hangtuah 10 Surabaya, dan juara 5. SD Al Firdaus Surakarta, serta juara 6. SD Lazuardi Bogor Jawa Barat)Ini artinya SD di Kalimantan Timur  mampu sejajar dengan sekolah-sekolah di Pulau Jawa yang mempunyai fasilitas mewah dan mahal. 


Adapun penilaian lomba budaya mutu SD tersebut tidaklah mudah mulai dari tahapan seleksi administasi, visitasi lapangan, dan yang lolos kepala sekolahnya diundang ke grand final presentasi dan wawancara jadi betul-betul penuh perjuangan. 

Menurut Baharuddin,M.Pd selaku kepala sekolah bahwa apa yang telah diraihnya ini tidak telepas dari kerja keras tim Work di sekolahnya termasuk dukungan yang sangat besar dari yayasan, Dinas pendidikan, orang tua murid, komite sekolah dan pemerhati pendidikan yang semua mendukung kegiatan yang bermutu di SD Kemala Bhayangkari Balikpapan. 

Dari penilaian yang membuat SD Kemala Bhayangkari kalah karena fasilitas sekolahnya yang minim termasuk gedungnya, jadi ini menjadi perhatian bersama agar sekolah ini mendapat fasilitas istimewa dari pemerintah untuk memikirkan karena menjadi SD Percontohan ikon Kota Balikpapan  dan Provinsi Kaltim.

Melalui Lomba Daya Mutu di Sekolah Dasar Tahun 2015 diharapkan berbagai pengalaman terbaik dalam pengembangan budaya mutu di sekolah dasar dapat didokumentasikan dan menjadi inspirasi bagi sekolah lain. Penilaian Lomba Budaya Mutu ini di Sekolah Dasar terdiri 6 komponen lomba yang meliputi: 1) budaya mutu pembelajaran, 2) budaya mutu ekstrakurikuler, 3) budaya mutu manajemen berbasis sekolah, 4) budaya mutu perpustakaan sekolah, dan 5) budaya mutu penyelenggaraan Usaha Kesehatan Sekolah, serta 6) pengelolaan klub olahraga. 
 
Lomba dilakukan dengan cara memberikan kesempatan kepada seluruh propinsi di Indonesia untuk mengirimkan wakil-wakil sekolah terbaiknya yang kemudian akan dipilih melalui tiga tahapan seleksi yaitu seleksi administratif melalui penilaian portofolio sekolah (desk evaluation), seleksi visitasi lapangan, dan seleksi presentasi dan wawancara (grand final). Seleksi yang terakhir ini akan menetapkan kejuaraan sekolah berbudaya mutu tingkat nasional. (ktn)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM