Kamis, 16 Juni 2016

Rakor Jembatan Tol Teluk Balikpapan, Perusahan Konsorsium Siap Dibentuk



PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Rencana pembangunan jembatan Tol teluk balikpapan masuk babak baru.  Dalam pertemuan terakhir di Jakrta pada (14/6/2016) beberapa hari lalu yang dihadiri oleh Walikota Balikpapan, Staf Ahli Gubernur Kaltim, Bupati PPU dan Jajaran PT. Waskita Karya menghasilkan beberapa keputusan penting untuk percepatan pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia ini.  

Dalam pertemuan tersebut,  semua opsi terkait pembangunan jembatan seperti jalan, trase jalan  dan sebagainya telah disepakati bersama. Kemudian  pekan depan segera  melakukan pembentukan Perusahaan consercium  yang terdiri dari Provinsi Kaltim, Balikpapan, PPU dan PT Waskita Karya didalamnya. 


Setelah terbentuk consercium tersebut selanjutnya dipastikan akan membahas skema pembiayaan modal awal pembangunan jembatan tol teluk balikpapan, apakah sesuai dengan perencanaan kesepakatan awal, yaitu 60 persen untuk PT. Waskita Karya, 20 persen pemprov kaltim, 15 persen PPU dan 5 persen balikpapan, atau sesuai kesepakatan baru nantinya jika dilakukan.   

Selanjutnya diterangkan dalam pertemuan tersebut, pada awal agustus 2016 mendatang,  untuk Study Detail Engineering Design (DED) mulai desain jembatan, alur jembatan dan sebagainya diperkirakan telah selesai. 

Dalam kesempatan itu Bupati PPU, H. Yusran Aspar menerangkan bahwa begitu besar manfaat yang akan diperoleh dengan adanya jembatan tol teluk balikpapan tersebut. Bukan hanya bagi PPU maupun Balikpapan, tetapi semua akan memperoleh manfaatnya, khususnya  masyarakat di Kalimantan ini. 

Karena menurutnya, nantinya jika jembatan tersebut telah terbangun, fasilitas ini akan menghubungkan atau konek dengan pembangunan-pembangunan jalan yang ada, seperti pembangunan jalan tol balikpapan samarinda, melalui koastald road balikpapan, kemudian konek dengan PPU yang disana ad jalur-jalur menuju kubar, kalteng dan sebagainya. 

“Jika semua ini telah terkonek, tentu masyarakat untuk menuju kesana akan menggunakan fasilitas jembatan ini. Tentu begitu besar manfaatnya bagi masyarakat, “terang Yusran. 

Sementara dalam kesempatan yang sama Walikota Balikpapan, Rizal Effendi mengungkapkan pihaknya tetap mendukung rencana pembangunan jembatan tol teluk balikpapan tersebut. Dirinya mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat bersama pihak DPRD kota Balikpapan kembali akan mengkaji terkait dengan isu-isu seperti tentang kemacetan dan sebagainya  dalam pembangunan jembatan tersebut. (humas6)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM