Sabtu, 11 Juni 2016

PONPES AR-RAUDHAH BALIKPAPAN BERBENAH






BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Mau tahu apa itu pesantren? Pesantren adalah sebuah pendidikan tradisional yang para siswanya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kyai dan mempunyai asrama untuk menginap santri. Santri tersebut berada dalam komplek yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya. Komplek ini biasanya dikelilingi oleh tembok untuk dapat mengawasi keluar masuknya para santri sesuai peraturan yang berlaku. 

Pesantren menurut pengertian dasarnya adalah tempat belajar para santri,sedangkan pondok berarti rumah. Seperti halnya pondok pesantren Ar-Raudhah yang terletak di kawasan Karang Joang Balikpapan Utara, hanya saja tidak semua santri mondok ada sebagian santrinya pulang ke rumah. Asrama yang disediakan juga sangat sederhana, boleh dibilang pondok pesantren tersebut memang masih dalam taraf pembenahan. 


Selain menyediakan asrama juga menyediakan tempat ibadah atau masjid untuk kegiatan keagamaan. Pengurus Pondok Pesantren Ar-Raudhah H Hasan Shafwan Munir SPd ketika ditemui di ruang kerjanya Sabtu (11/6/2016) mengatakan, selain memiliki pondok pesantren juga memiliki lembaga pendidikan, seperti MI/SD, MTs, Diniah Ula, Diniah Whusto, Diniah Ulya. 

Untuk MI jumlah siswanya sebanyak 106 anak, kemudian untuk Mts jumlah siswanya sebanyak 45 anak.Berkaitan dengan ilmu tentang agama islam ada 5 pokok yang diajarkan kepada para siswanya, yaitu Tauhid, Fiqih/usulul fiqih,Nahu Sya’rof,Tafsir/ilmu tafsir, dan Hadist/ilmu hadist, pelajaran agama ini diajarkan setiap hari selain hari Jumat. Kegiatan lainnya TPA yang dilakukan pada jam 7 malam hingga selesai sholat Isya, ujar H Hasan. 

Dikatakan Hasan lebih jauh dalam keterangannya bahwa untuk kegiatan keagamaan para santrinya melaksanakan Masjid ta’lim yang dilakukan seminggu 3x yang diikuti oleh seluruh santri.

”Kami ini mendirikan pondok pesantren tidak lain bertujuan untuk menampung anak-anak yang ingin belajar tentang ilmu agama Islam, agar ke depannya menjadi anak yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bangunannya  sederhana karena masih dalam taraf pembenahan,namun demikian setiap tahunnya kalau dilihat dari perkembangan jumlah santri maupun jumlah siswa yang sekolah di pondok pesantren ini selalu mengalami peningkatan,harapan ke depan semoga para siswa/santri yang menimba ilmu di pondok pesantren ini bisa menjadi anak yang memiliki iman dan taqwa dan berguna bagi nusa dan bangsa,” kata Hasan Shafwan Munir yang merupakan pendiri Yayasan Pendidikan Islam PP Raudhatul Ulum Karang Joang Balikpapan. (ktn)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM