Kamis, 02 Juni 2016

Pasokan Sapi dari Gorontalo Belum Dihentikan



BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Pemerintah Kota Balikpapan hingga kini belum menghentikan pasokan sapi dari Provinsi Gorontalo. Meskipun saat ini telah beredar isu ada indikasi sapi dari Gorontalo banyak yang terinveksi virus anthrax. 
 
Demikian yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Balikpapan Sutadi, saat memberikan klarifikasi terkait pemberitaan dihentikannya pasokan sapi dari Gorontalo ke Balikpapan. Sabtu (28/05/2016).

Jika pasokan sapi dari Gorontalo dihentikan karena hal ini, menurut Sutadi upaya tersebut untuk memastikan daging sapi yang beredar di Kota Balikpapan merupakan daging sapi yang layak dikonsumsi dan terbebas dari penyakit. “Terkait pelarangan ini, kita masih menunggu arahan dari Gubernur Kaltim,” ungkapnya. 

Sutadi mengatakan proses penghentian pasokan sapi dari luar daerah ke Balikpapan karena berdasarkan rekomendasi dan arahan resmi dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. “Dari arahan tersebut Pemerintah Kota akan mengeluarkan kebijakan lanjutannya, apakah distribusinya akan dihentikan atau tidak,” lanjut Sutadi.

Terhentinya pasokan sapi dari Gorontalo tentu akan mempengaruhi stok daging sapi di kota yang berdampak pada harga jual dipasaran. Karena seluruh kebutuhan daging sapi yang beredar di Kota Balikpapan berasal dari salah satu provinsi di Pulau Sulawesi tersebut.
“Namun saat harga jual sapi dari gorontalo mahal, maka pasokannya diambil dari Provinsi NTT. Sedangkan untuk sapi-sapi dari peternak lokal hanya untuk melayani kebutuhan masyarakat saat Hari raya Idul Adha,” lanjutnya. 

Jika sapi-sapi yang berasal dari Gorontalo tersebut terinveksi virus anthrax, maka Pemerintah Kota Balikpapan melalui balai karantina hewan akan melarang peredaran daging sapi dari daerah tersebut di Kota Balikpapan, serta akan mengalihkan pasokan daging sapi dari daerah lain. “Kita akan cari solusi dengan mendatangkan sapi dari daerah lain jika kabar itu benar,” lanjutnya. (*/are)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM