Kamis, 02 Juni 2016

Desa Prima, Tanggulangi Kemiskinan dan Tingkatkan Ekonomi Perempuan



PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID- Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Prima) adalah sebuah desa percontohan yang bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan sekaligus meningkatkan ekonomi perempuan dengan memanfaatkan semua potensi yang ada dan melibatkan segenap peran lintas sektoral terkait sesuai dengan program sektornya masing-masing. 

Bimbingan dan Pelatihan yang dilaksanakan di aula Kecamatan Babulu Penajam Paser Utara (PPU) 30-31 Mei 2016 dihadiri sekitar 50 orang peserta yang terdiri dari anggota Desa Prima dari 12 desa yang ada di Kecamatan Babulu, Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dari BPPKB Provinsi Kalimantan Timur, Mahrita SE. Mahrita menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas manajemen usaha bagi perempuan dalam kelompok Desa Prima.  

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan fasilitasi pelatihan anggota Desa Prima ini adalah salah satu upaya untuk penanggulangan kemiskinan secara terpadu melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan," kata Mahrita. 



Peran kaum perempuan penting untuk meningkatkan ekonomi
Program dan kegiatan disesuaikan dengan usaha kecil yang telah dilakukan di desa tersebut, teknologi tepat guna dan berbagai sumber pembiayaan serta mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui peningkatan produktivitas ekonomi dengan menambah kemampuan serta keterampilan dalam memanajemen usaha yang dikelola oleh Desa Prima.

Diharapkan melalui pelatihan manajemen usaha bagi perempuan pedesaan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Desa Prima ini akan mampu mengurangi sekaligus mempercepat pencapaian pengentasan kemiskinan. 

“Selama ini masyarakat pedesaan identik dengan kemiskinan. Karenanya, program dan kegiatan berupa pelatihan manajemen usaha bagi perempuan yang tergabung dalam KUDP ini akan mampu mempercepat pengentasan kemiskinan di tingkat desa,” jelasnya. 

Selain itu, keterampilan yang dimiliki akan terbuka peluang usaha dan tercipta kesempatan kerja, sehingga berimbas pada peningkatan pendapatan dalam keluarga serta mampu menghasilkan produk rumahan (home industri) yang lebih berkualitas dan berdaya saing.  (hmd)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM