PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID- Panitia khusus atau Pansus DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memberikan sejumlah catatan hasil kinerja Pemerintah Kabupaten tahun 2015 lalu, sejumlah catatan tersebut  di antaranya belum maksimalnya penerimaan pendapatan daerah dan realisasi dana perimbangan daerah.

Hal itu diungkapkan Ketua Pansus laporan pertanggungjawaban kepala daerah DPRD Penajam Paser Utara Tohiron pada Paripurna Istimewa Penyampaian Saran dan Rekomendasi DPRD terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah 2015 Kabupaten PPU,  Kamis (9/06/2016).


Menurutnya  dengan sejumlah catatan dari laporan pertanggung jawaban Bupati tersebut  pihaknya merekomendasikan perbaikan dan pencapaian target  termasuk masalah administrasi aset Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi catatan khusus dalam Laporan Keuangan tahun 2015 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK ).

Selain itu  penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2015 lalu yang mencapai 94 persen dinilai belum optimal,  meski memberikan sejumlah catatan namun pansus DPRD mengapresiasi terhadap serapan anggaran oleh pihak SKPD  yang rata rata di atas 80 persen.

Sementara itu Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar mengakui ada sejumlah catatan yang membutuhkan perbaikan, namun menurutnya kinerja pemerintah tahun 2015 lalu tergolong cukup baik.

Hal itu terbukti dengan kemajuan fasilitas dan pelayanan serta rencana pengembangan wilayah kabupaten ke depan, kendati demikian pihaknya akan menindaklanjuti hasil catatan dari dewan tersebut. (hmd)