April 12, 2016

Tingkatkan SDM melalui Gerakan Sayang Ibu


PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus berupaya untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), salah satunya melalui kegiatan lomba Kecamatan Sayang Ibu. Hal ini bertujuan meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui program penurunan kematian ibu, yang dilakukan oleh Gerakan Sayang Ibu (GSI).

Penilaian Kecamatan Gerakan Sayang Ibu di tingkat Kecamatan Babulu Kabupaten Penajam Paser Utara di pusatkan di Desa Gunung Intan dan Gunung Makmur,tim panitia pembinaan/penilaian program terpadu P2WKSS dan GSI/KSI, RSSI, Perusahaan Pembinaan Nakerwab, Pengolahan BKB Kab/Kota Penajam Paser Utara Tahun 2016 terdiri dari 15 tim dari P2WKSS, 7 tim dari GSI/KSI/RSSI, 10 tim dari NAKERWAN serta 6 tim dari Bina Keluarga Balita (BKB).


Camat Babulu Andi Trisaldy mengatakan kaum ibu adalah salah satu sasaran program peningkatan kesehatan karena kaum ibu menjadi indikator derajat kesehatan. Seorang ibu memiliki peran strategis dalam peningkatan kualitas kesehatan keluarganya terutama kesehatan generasi yang dilahirkannya. 

Jika seorang ibu sehat, terpenuhi asupan gizinya, dan memiliki pengetahuan yang cukup dalam pengasuhan anak dan kesehatan maka diharapkan akan melahirkan generasi yang sehat dan cerdas pula. Ibu juga memiliki peran yang dominan dalam hal mendidik para generasinya. 

Seorang anak dapat tumbuh dan berprestasi dengan bantuan orang tuanya khususnya kaum ibu yang kesehariannya adalah orang terdekat melalui peran dan motivasinya. Namun demikian masih diperlukan upaya-upaya yang lebih keras dalam memberikan pemahaman bahwa kaum ibu merupakan kunci keberhasilan sebuah keluarga yang berkualitas seperti yang sering didengungkan bahwa ibu adalah tempat pendidikan seorang anak yang utama dan pertama.

Kepala Kantor KB dan Pemberdayaan Perempuan PPU Hj Situ Aminah juga  mengatakan dalam penilaian ini di antaranya meliputi UP2WKSS,GSI,KSI,Posyandu dan Toga. Dia  juga menambahkan, : “Kegiatan Gerakan Sayang Ibu-Bayi Baru Lahir ini agar dijadikan inspirasi dan mendorong semua komponen masyarakat memberikan perhatian dan responsif terhadap kesehatan ibu hamil dan bayi sejak dalam kandungan.
 
Dan jadwal kegiatan Kecamatan Sayang Ibu akan diadakan di empat kecamatan di antaranya Kecamatan Waru Senin 11 April 2016, Kecamatan Babulu 12 April 2016, Kecamatan Penajam 13 April 2016, Kecamatan Sepaku 14 April 2016, PT. STN Labangka Kec .Babulu 18 April 2016, RSUD Kabupaten PPU 19 April 2016 serta TP PKK Kabupaten PPU 26 April 2016. (hmd)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM