JAKARTA, KABARINDONESIA.CO.ID-Triwulan pertama 2016, pasar otomotif domestik menunjukkan pergerakan yang menarik. Wholesales Q1-2016 hanya mencapai 266.885 unit atau turun 5% dibandingkan periode Q1-2015 yang mencapai 282.344 unit. Sementara Retailsales Q1-2016 justru mengalami kenaikan 2% mencapai 261.985 unit dibandingkan periode Q1-2015 yang hanya mencapai 257.278 unit.
Fenomena menarik inipun dialami oleh Daihatsu. Triwulan pertama 2016, wholesales Daihatsu mencapai 42.452 unit atau turun 6% dibandingkan periode Q1-2015 yang mencapai 45.317 unit. Sementara Retailsales Daihatsu Q1-2016 mengalami kenaikan 2% mencapai 42.299 unit dibandingkan periode Q1-2015 yang hanya 41.464 unit.
Fenomena
ini menunjukkan bahwa Daihatsu mencermati pergerakan pasar 2016 dengan
mengantisipasi daya beli masyarakat terhadap produk otomotif domestik.
Data penjualan Daihatsu selengkapnya adalah sebagai berikut.
Wholesales
Daihatsu Q1-2016 berturut-turut disumbang oleh Gran Max Pick Up 12.881
unit atau 30% dan Gran Max Minibus 3.754 unit atau 9%. Sehingga total
penjualan Gran Max, kendaraan Sahabat Bisnis ini mencapai 16.635 unit
atau 39%. Posisi kedua adalah Sahabat Seru Astra Daihatsu Ayla, sebesar
11.593 unit atau 27%. Sementara Sahabat Keluarga, Great New Xenia, di
posisi ketiga, 9.202 unit atau sebesar 22%. Selanjutnya SUV Daihatsu
Terios, Sahabat Petualang, menyumbang 3.454 unit atau 8%. Posisi
berikutnya adalah Daihatsu Luxio terjual 796 unit atau 2 % dan Daihatsu
Sirion 770 unit atau 2%.
Sedangkan retailsales kontribusi terbesar diduduki oleh Daihatsu Gran Max, dengan komposisi Pick Up 11.806 unit atau 28%, Mini Bus 3.418 unit atau 8%. Sehingga total Gran Max terjual 15.224 unit atau 36%. Posisi kedua, Astra Daihatsu Ayla, 11.164 unit, atau 26%. Great
New Xenia di posisi ketiga menyumbang 10.775 unit, atau 25%. Daihatsu
Terios, menyumbang 3.212 unit, atau 8% disusul Daihatsu Luxio sebesar
1.049 unit atau 2%, dan Daihatsu Sirion menyumbang 874 unit atau 2%.
“Kami bersyukur, Triwulan pertama 2016 ini, Daihatsu mencapai penjualan yang cukup baik, ditengah kondisi pasar otomotif domestik yang menurun,” ungkap Amelia Tjandra, Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor. (*/tw)
Baca Juga :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar