April 25, 2016

Karts Kutim Bisa Tambah PAD

Presentasi Potensi Karts di Kutim
SANGATTA,KABARKALTIM.CO.ID-  Ke depan karts di wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Provinsi Kalimantan (Timur) diharapkan menjadi sumber tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk itu melalui rapat koordinasi (rakor) jajaran terkait lingkup Pemkab Kutim dikemas dalam ‘coffee morning’  di ruang Meranti, Kantor Bupati, Kawasan Bukit Pelangi, pukul 09.00 Wita  sampai pukul 11.40 Wita Senin (25/4/2016), Wakil Bupati  Kasmidi Bulang menegaskan, Kutim memiliki cagar budaya yang mesti mendapat perhatian untuk dikelola agar  membawa manfaat bagi masyarakat luas, dan juga bisa mendapat PAD bagi daerah.
Jika karts tersebut dikelola profesional , dan telah menjadi tujuan wisata asing maupun domestik, maka bakal menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat lokal terlebih pada pemerintah daerah. Oleh karena itu, sebaiknya sebaran cagar budaya di Kutim, khususnya karts diidentifikasi. Karena konon, Karts yang ada itu sebagian masuk dalam kawasan izin perkebunan kelapa sawit, serta masuk izin kuasa pertambangan.


Selanjutnya, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Dwi Susilanto Gamawan mengatakan, dalam satu atau 2 tahun kedepan, pihaknya akan mengiventarisasi karts  secara detail. “Pekan depan rencana tim dari ITB (Institut Teknologi Bandung, Red) akan berkunjung di Kutim mendata karts-karts,” paparnya.


Letak dan luasan kawasan karts Sangkulirang-Mangkalihat berdasarkan peta geologi bentang alam karts 2014 yang diterbitkan Pusat Sumber Daya Air dan Lingkungan Badan Geologi Bandung seluas 149.225,47 hektare. Termasuk  karts tutunambo, karts biduk-biduk, karts mardua, batu gergaji, batu nyere dan lainnya. (bahar sikki)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM