Jumat, 04 Maret 2016

Guru Mas’ud Ingatkan Masyarakat Memperbanyak Shalawat

BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Ribuan warga membanjiri Lapangan Merdeka dalam acara Balikpapan Bershalawat 27 Februari 2016 lalu. Kegiatan yang dihadiri oleh Wali Kota dan Wakil Gubernur ini  merupakan agenda memperingati HUT Kota Balikpapan ke-119 dengan mendatangkan Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf (Solo) dan Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf (Pasuruan). Hal ini bertujuan mendekatkan diri dan mewujudkan rasa syukur atas rahmat serta karunia yang diberikan oleh Allah SWT.

Dalam kesempatan tersebut KH Syekh Mas’ud Husain Al-Hasani ulama kharismatik Kalimantan ini ikut bershalawat di atas panggung bersama para habaib. Guru Mas’ud akrab dirinya disapa juga seorang Habaib yang tinggal Balikpapan, selama ini aktif membina ribuan muridnya untuk menjadi insan kamil nan bertaqwa.
 
“Shawalat ini sangat penting bagi kita umat Islam,” kata Guru Mas’ud saat dihubungi di tempat acara.
 
Menurut dirinya salah satu bentuk  dari kecintaan seorang muslim kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW adalah membaca shalawat untuknya. Hal ini dipertegas dalam Alquran surah al-Ahzab [33] ayat 56.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya."

Bershalawat lanjut Guru Mas’ud artinya, jika datang dari Allah berarti pemberian rahmat, dari malaikat berarti memintakan ampunan, dan jika dari orang-orang mukmin berarti berdoa supaya diberi rahmat.

Guru Mas’ud pun menyampaikan bahwa membaca shalawat, selain sebagai perintah secara langsung dari Allah SWT—yang Dia dan para malaikat mencontohkannya—juga memiliki banyak keutamaan yang akan didapat oleh orang-orang yang mengamalkannya. Diantaranya :

Pertama, dikabulkan doanya. Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi). 


Kedua, dijanjikan pahala berlipat. Rasuullah SAW bersabda, "Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Ketiga, diangkat derajatnya. Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya. Para sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, pagi ini Engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu." Beliau bersabda, "Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Maha Agung. Dia berkata, 'Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula'." (HR Ahmad).

Keempat, dikumpulkan di surga bersama Nabi. Rasulullah SAW bersabda, "Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku." (HR Tirmidzi).

Kelima, mendapatkan syafaat Nabi. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat." (HR Muslim).

Dalam konteks kota Balikpapan ini lanjut Guru Mas’ud sangat tepat diadakan kegiatan bersholawat, bisa jadi krisis air akibat kemarau panjang yang terjadi di Balikpapan karena banyaknya dosa yang diperbuat oleh masyarakat Balikpapan, baik oleh pemimpinnya maupun khalayaknya sehingga Allah SWT menurunkan teguran kepada kita atas dosa yang telah diperbuat.
 
“Dengan ribuan masyarakat yang hadir untuk bershalawat, semoga Allah SWT memaafkan dosa dan menurunkan rahmat kepada kota Balikpapan, dan Semoga Allah meringankan lisan kita untuk selalu membaca shalawat kepada Rasulullah Muhammad SAW dan meraih keutamaannya,” imbuh Guru Mas’ud yang juga Ketua Umum DPP Perak. (are)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM