Minggu, 13 Desember 2015

Pilkades Serentak, Calon Pemimpin Harus Punya Terobosan

PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Pesta demokrasi di tingkat desa di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), digelar 15 Desember 2015.  Pemilihan kepala desa serentak, sekitar 14 desa yang mengadakan pilkades serentak. 

 "Menurut saya yang pertama, calon kepala desa harus memiliki pengetahuan yang cukup serta berani dan cerdas," ungkap Kepala dinas PU Kabupaten PPU, Alimuddin, belum lama ini. 
 
Lanjut dia,  pemimpin sekarang ini harus berani melakukaan terobosan atau inovasi positif sesuai dengan karakter desa tersebut.  "Dia juga harus berani mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Dia juga harus cerdas melihat persoalan yang ada, cerdas dalam berpikir dan mampu membaur dengan masyarakatnya," beber Alimuddin.

Pemimpin harus berjalan beriringan dengan yang dipimpin sehingga pada saat sang pemimpin itu sampai ke puncak maka para pengikutnya juga tetap ada di sisinya. Seperti diketahui anggaran desa Rp 700 juta per desa dan Rp 1,8 miliar dari provinsi. "Persolan anggaran, mereka harus dilatih bagaimana mengelola anggaran, karena ini bukan sedikit," urai dia.
 
Persoalan lain calon kades harus mampu membuat perencanaan yang matang sesuai kebutuhan warganya. Yang menarik juga, khusus untuk di PPU , desa harus berkoordinasi dengan dinas PU dalam menyelesaikan persoalan infrastruktur desa, bisa dianggarkan untuk pembelian material, nantinya bisa dikerjakan oleh UPT PU kecamatam masing-masing. (hamaruddin)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM