Senin, 30 November 2015

Anggaran Dana Desa Perlu Pengawasan Ketat

Nganro
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.D-Besarnya nilai anggaran di tiap desa Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menjadi perhatian salah satu tim yang memperjuangkan pembentukan Kabupaten PPU, Nganro. Menurut Nganro, nilai sebesar itu seharusnya perlu pengawasan ketat supaya tidak ada penyelewengan anggaran

Seperti diketahui nilai anggaran tahun 2016 di PPU cukup besar terutama di pedesaan dana desa sebesar Rp 21,639 miliar lebih atau kurang lebih Rp 700 juta per desa. Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 77,350 miliar lebih dari Pemerintah Provinsi berupa Bantuan Keuangan Pemerintah Desa sebesar Rp 1,8 miliar untuk 8 desa berkembang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dan satu desa berprestasi, yaitu lomba desa tingkat kabupaten

"Dengan cukup banyaknya anggaran yang dialokasikan pada pemerintah desa, maka pemerintah seharusnya melakukan bimbinganan dalam pengelolahan keuangan  kepada camat, inspektorat dan BPMPD dalam pengelolahan keuangan yang baik kepada aparatur di desa," ungkap Nganro, yang lebih memilih sebagai warga biasa ini dan tidak duduk di pemerintahan. "Jadi warga biasa lebih baik, tapi saya tetap turut memperjuangkan pembangunan PPU, kadang saya miris pembangunan belum merata terutama di desa saya ini Sesulu Kecamatan Waru," imbuhnya.
Sebagai salah satu tim pencetus pembentukan PPU, dia mengharapkan dengan pembinaan tersebut dapat mengeliminir penyalagunaan keuangan desa. "Desa Sesulu ini dari dulu jalan-jalan masih banyak yang belum terbangun dan pembangunan belum merata dengan dana sebesar itu saya berharap desa di PPU  dapat lebih maju ke depan dari sebelumnya," harap Nganro.  
 
Karena itu sesuai amanat dalam peraturan pemerintah nomor 47 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 6 tentang desa,khususnya pasal 96 ayat 2 bahwa kabupaten/kota mengalokasikan dalam APBD untuk ADD sebesar paling sedikit 10% dari Dana Perimbangan yang di peroleh setelah Dana Alokasi Khusus. (*/hamaruddin)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM