Maret 06, 2023

Antisipasi Bencana, BPBD Kota Balikpapan Gelar Pelatihan di RT 03 Gunung Samarinda

Santoso Ajak Warga Peduli soal Kesehatan dan Keselamatan 

KOMPAK : Warga RT 03 Gunung Samarinda - Kota Balikpapan siap mencegah bencana
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID - Kepedulian dan kesadaran warga di lingkungan RT 03 Kelurahan Gunung Samarinda Kecamatan Balikpapan Utara Kota Balikpapan, terus dibangun. Salah satu tokoh warga setempat, Santoso, sangat mendorong semua warga di lingkungan tersebut dapat hidup nyaman, aman, sehat dan mandiri. 

Sebelumnya, Santoso menginisasi pemasangan hydrant di lingkungan tersebut untuk upaya antisipasi ancaman kebakaran. Dan pada Minggu 5 Maret 2023, di lingkungan tersebut digelar pelatihan bantuan hidup dasar (BHD) maupun kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Pelatihan disampaikan oleh tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan. 

Seperti diketahui, Kota Balikpapan dengan pertumbuhan penduduknya yang pesat sebagai pintu gerbang IKN Nusantara, sangat dibutuhkan kemampuan dan keterampilan warganya untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan seperti ancaman bencana. 

"Kami bersyukur dengan adanya pelatihan antisipasi dan penangangan bencana untuk bantuan hidup dasar, yang diberikan oleh BPBD Kota Balikpapan. Semoga dengan makin meningkatnya kesadaran warga, hal-hal yang tak diinginkan bisa dicegah atau dihindari," urai Santoso kepada kabarkaltim usai pelatihan digelar.

Salah satu materi yang diberikan seperti antisipasi dan penanganan kebakaran, bagaimana warga harus bertindak jika terjadi musibah kebakaran. Termasuk pemasangan pipa yang disambung ke titik hydrant, hingga materi pelatihan bantuan hidup dasar, seperti bantuan pernapasan. Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) juga menjadi topik bahasan, dalam pelatihan yang juga dihadiri pengurus RT 03 Gunung Samarinda dan pengurus LPM Gunung Samarinda. 

Masih kata Santoso, Kota Balikpapan dengan  pertumbuhan penduduk semakin banyak dan kemajuan zaman yang terus modern, dirinya mengajak agar semua warga untuk mempedulikan perihal keselamatan. 

"Mari kita sama-sama peduli kesehatan dan keselamatan. Dari kegiatan pelatihan oleh BPBD di RT 03 Gunung Samarinda ini, juga merupakan upaya menjadi bagian dari Indonesia yang bermanfaat," tutup Santoso. (kk)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM