Desember 31, 2022

Bina Petani, STI SDT Sinergi dengan Balai Penyuluh Pertanian Kukar

PEDULI PETANI : Sumaria Daeng Toba sosialisasi penggunaan pupuk organik Pornas
TENGGARONG, KABARKALTIM.CO.ID - Masih di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Provinsi Kalimantan Timur, Ketua Umum Sahabat Tani Indonesia (STI) SDT Sumaria Daeng Toba bersama pengurus lainnya, melakukan pembinaan terhadap kalangan masyarakat tani. 

Termasuk mengenalkan penggunaan pupuk organik, Pornas, untuk meningkatkan produktivitas, menekan biaya produksi dan juga menjaga unsur hara tanah. Salah satu yang ditemui yaitu Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Tenggarong Seberang, Hartoyo, di mana Sumaria berdiskusi seputar bidang pertanian dan pupuk organik. Pertemuan tersebut pada 17 Desember 2022.

"Beliau menyambut positif untuk penggunaan pupuk organik Pornas, siap bekerja sama dalam hal pembinaan para petani di wilayah Kabupaten Kukar," sebut Sumaria kepada media ini, Sabtu 31 Desember 2022.  

Pertemuan STI SDT juga dilakukan dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam hal ini Sumaria dan jajarannya bertemu dengan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kukar Ir Syamsul Ma'arief MSi. 

"Beliau juga menyambut baik. Dalam pertemuan itu, juga dihadiri para Ketua Kelompok Tani serta para petani sekitar. Menyambut positif dan siap untuk penggunaan  pupuk organik Pornas," beber Sumaria. 

"Penggunaan pupuk organik Pornas, sudah dibuktikan dengan hasil demplot pada beberapa jenis tanaman dan di beberapa wilayah binaan STI SDT di seluruh Indonesia. Hasilnya pun positif," urai Sumaria yang saat in berada di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka pertemuan dengan masyarakat tani. 

Sumaria mengakui,  pembuktian pada demplot dilakukan bersama pengurus STI SDT yaitu Sulaiman dan Berta. Kesemuanya menunjukkan hasil yang positif, produktivitas pertanian menjadi meningkat. (kk)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM