Desember 30, 2022

Ketum STI SDT Kunjungi Desa Bendang Raya dan Sebulu Modern

Kades dan Ketua Gapoktan Sambut Positif, Siap Kerja Sama dengan STI SDT 

Sumaria saat kunjungan ke wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara
TENGGARONG, KABARKALTIM.CO.ID - Ketua Umum Sahabat Tani Indoneia (STI) SDT Sumaria Daeng Toba, terus bergerak mengenalkan dan menyalurkan pupuk organik, Pornas, demi kemajuan sektor pertanian di Indonesia. Langkah tersebut, juga mengurangi ketergantungan petani akan penggunaan pupuk kimia, menekan biaya produksi dan juga solusi meningkatkan produktivitas pertanian. 

Belum lama ini, Sumaria bertemua dengan dua Kepala Desa di Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).  "Tepatnya di Desa Bendang Raya, juga bertemu bersama ketua kelompok taninya. Mereka siap  memfasilitasi kelompok-kelompok tani dan anggota-anggotanya sekira  1.000 orang. Lahan yang sudah siap dan dikelola bersama, itu binaan STI SDT dan memakai pupuk organik Pornas," sebut Sumaria dihubungi media ini. "Pupuk Pornas sudah kami buktikan di beberapa wilayah binaan STI SDT se-Indonesia, hasilnya positif," imbuh dia. 

"Termasuk pertemuan di Kecamatan Sebulu, salah satunya di Desa Sebulu Modern. Ada tujuh desa yang kami kunjungi.  Kami bertemu dengan Kades dan ketua kelompok taninya. Pak Kades sangat menyambut baik dan  juga Ketua Gapoktan Sebulu Modern yaitu Pak Udin, sangat berharap kiranya STI SDT dapat memfasilitasi para petan," beber Sumaria. 

Begitu juga yang disampaikan Ketua Gapoktan Bendang Raya, jika para petani sangat mengharapkan bantuan dan pembinaan dari STI SDT. "Pak Kades Bendang Raya juga telah bersedia memfasilitasi mengundang para petani untuk berkumpul ke Kantor Desa Bendang Raya Kecamatan Tenggarong dalam waktu dekat ini," urai Sumaria. 

Menjadi harapan para petani, ketersediaan pupuk yang mudah dan terjangkau, termasuk bibit. Dan yang paling diharapkan adalah terbukanya peluang pasar. "Kami sudah menyiapkan pasar untuk semua hasil panen petami yang masuk dalam anggota STI SDT," tutup Sumaria. (*/kk) 

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM