Desember 21, 2021

Pantai Cemara Kampung Nelayan Manggar Baru Ramai Pengunjung

Ahmad Mauluddin : Berharap Jadi Perhatian Pemkot Balikpapan 

Pantai Cemara Kampung Nelayan Manggar Baru, juga ada tempat berkemah (foto ato)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID - Pantai Cemara Kampung Nelayan Manggar Baru yang terletak di Kelurahan Manggar Baru, Kecamatan Balikpapan Timur  Kota Balikpapan,  bersebelahan dengan Pantai Segarasari, sekarang sudah mulai ramai dikunjungi masyarakat. 

Lurah Manggar Baru Ahmad Mauluddin mengatakan, melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pantai tersebut terus dikembangkan. "Karena kami melihat potensi destinasi wisata yang bisa dikembangkan di Pantai Cemara Kampung Nelayan Manggar Baru. Melalui Pokdarwis berjalan beberapa bulan, namun surat keputusan (SK) belum keluar dari Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan karena ada miskomunikasi dengan masyarakat setempat," kata Ahmad kepada media, Jumat (17/12/2021). 

Ahmad juga menyampaikan, sebenarnya destinasi wisata ini sangat menarik untuk terus dikembangkan. Sejarahnya dulu kata masyarakat setempat serta Ibu Ani Yudhoyono yang menanam pohon cemara ini, mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah pernah datang ke pantai tersebut. 

"Cuma karena dari awal itu terbengkalai lama tidak terawat. Waktu itu saya baru jadi Lurah Manggar Baru pertengahan bulan tahun 2019 dan saya mencoba koordinasi dengan teman-teman Disporapar Balikpapan, Pantai Cemara Kampung Nelayan ini harus kita kembangkan," ucapnya. 

"Alhamdulillah sampai sekarang itu kalau tiap hari Sabtu Minggu pengunjung yang datang lumayan ramai. Pantai ini sudah dua tahun lebih yang bersebelahan dengan pantai Manggar Segarasari. Sekarang sudah tertata oleh masyarakat setempat dan terlihat viewnya banyak pohon cemara menarik pengunjung datang. Ada salah satu komunitas berkemah,". 

Masih kata Lurah, terkait perkembangannya, pihaknya menyampaikan ke Ketua RT setempat, harus secepatnya dikelola dengan adanya bantuan Pokja Pesisir Kalimantan Timur (Kaltim).  "Pernah kerja sama dengan masyarakat dan pesisir untuk membersihkan dan akhirnya sekarang sudah tertata, ini sudah dua tahun lebih. Tapi ramainya tahun ini," bebernya. 

Ditanya ke depannya, Lurah optimis, akan menjadi salah satu destinasi wisata pantai di Kota Balikpapan, bukan hanya di Pantai Manggar Segarasari, bukan hanya di Pantai Lamaru, Teritip dan wisata lainnya. "Tapi di sini juga ada Pantai Cemara Kampung Nelayan tepatnya di Kelurahan Manggar Baru, juga jalannya masuk dekat saja dari Jalan Mulawarman menuju Kelurahan Manggar Baru ke dalam 500 meter," urai dia. 

Ahmad Mauluddin menambahkan, pernah bekerja sama dengan Politeknik Balikpapan, membuat site plan, juga ada beberapa pelatihan dan bantuan yang diberikan. Dan berhasilnya salah satu kajian potensi wisata Pantai Cemara kampung nelayan. Hingga sekarang ini, pengelolaan oleh masyarakat setempat, perlu mendapat perhatian dari Pemkot.  "Kalau Pemkot melalui Disporapar Balikpapan ingin mengelola, tapi sumber daya manusia (SDM)-nya masyarakat setempat yang ada di Kelurahan Manggar Baru," harapnya. (ato)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM