Juni 23, 2021

Mengenal Juru Mrentani, Formula Organik Mengandung Unsur Hara Makro dan Mikro

oleh : Irwan Prasetyo (Praktisi Pertanian - 0877 1155 7123)

Bersama salah satu petani di wilayah Kecamatan Ngombol-Purworejo
JURU Mrentani atau lebih mudahnya disebut JM adalah formula organik yang mengandung unsur hara makro dan mikro yang sangat dibutuhkan oleh tanaman, baik dalam masa pertumbuhan tanaman ataupun masa pembentukan bunga dan buah. 

JM juga dilengkapi dengan Bio Pestisida dan jamur antagonis yang berperan untuk melindungi tanaman dari hama dan penyakit yang menyerang tanaman. Dengan pemakaian JM secara teratur dan tepat dalam penggunaan, maka akan menghemat penggunaan pupuk kimia dan obat-obatan kimia yang biasa digunakan oleh para petani. 

Jadi jika para petani menggunakan JM secara tepat maka akan mendapatkan banyak manfaat karena bisa menghemat biaya produksi dan hasil panen optimal. Dari hasil wawancara dengan Bapak Sarno selaku Ketua Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) Desa Sukomanah Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, yang sekaligus merupakan seorang petani cabai, sudah menggunakan dan merasakan manfaat dari JM. 

Beliau mengaku sangat puas dengan khasiat dan manfaat dari JM. Terbukti dari hasil panen cabai yang sangat memuaskan. Beliau memang tidak terlalu banyak dalam menanam cabai karena hanya sekitar 1.400 pohon. 

Tapi beliau sudah sangat berpengalaman dalam bertani,khususnya cabai. Karena beliau sudah bertani sekitar 20 tahun. Menurut Bapak Sarmo, setelah menggunakan JM, biaya produksi lebih hemat dan hasil panen lebih meningkat, karena sebelum menggunakan JM beliau belum pernah merasakan hasil panen dalam masa satu kali petik mencapai bobot satu kuintal, tetapi setelah menggunakan JM beliau panen cabai bisa mencapai satu kuintal dalam masa satu kali petik. 

Pak Sarmo juga suka berbagi ilmu kepada petani yang lain, maka saat ini banyak petani desa Sukomanah dan sekitarnya yang menggunakan dan merasakan manfaat JM. Sebelum menggunakan JM, banyak petani yang mengeluh karena pertumbuhan tanaman cabai mereka tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. 

Banyak tanaman cabai yang terkena wabah keriting daun,bunga yang rontok dan beberapa serangan hama dan penyakit lainnya. Tetapi berkat hadirnya JM,banyak permasalahan pada tanaman yang bisa teratasi dan membuat para petani tersenyum gembira menunggu hasil panen. (*)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM