Maret 27, 2021

Wamen LHK Kunjungi Persemaian Modern IKN

Wamen LHK Alue Dohong saat mengunjungi lokasi persemaian modern IKN (foto ist/kk)

SAMBOJA, KABARKALTIM.CO.ID – Pada Kamis 25 Maret 2021, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Alue Dohong, meninjau kawasan pembangunan persemaian modern Ibu Kota Negara (IKN). Pembangunan persemaian modern IKN tersebut, terus berjalan.

Alue Dohong yang pernah menjadi Deputi Konstruksi, Operasi dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut, terus mendorong pembangunan persemaian modern IKN yang berada di lokasi PT Inhutani I Batuampar Mentawir dengan lua 120 Hektare.

Untuk diketahui, persemaian modern di Mentawir akan meliputi pembangunan sarana dan prasarana persemaian seperti germination rooting mother plant house, laboratorium kultur jaringan, aclimatization area, shaded area, open area, pengolahan media tanam serta reservoar. Termasuk sarana pendukung persemaian meliputi kantor, mess dan lainnya.

Kapasitas produksi bibit bisa mencapai 15 juta bibit per tahun yang meliputi tanaman hutan seperti tanaman kayu, multi purpose tree species dan tanaman eksotik. 

Selain menjadi pusat pembibitan dan kebun benih, pada lokasi ini juga dibuat Arboretum atau taman hutan dengan koleksi tanaman endemik Indonesia. Serta akan berfungsi juga sebagai taman rekreasi dan sarana olahraga. KLHK telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 100 milliar di tahun 2020 guna membangun persemaian modern ini.

Adanya persemaian modern ini menjadi sangat penting, menunjukkan kepada dunia, bahwa Indonesia dalam pemindahan IKN sangat serius dalam hal pemulihan lingkungan. (hsnd/net)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM