Maret 14, 2021

Candi Borobudur Dijadikan Laboratorium Konservasi Cagar Budaya


Kunjungan Luhut Binsar Panjaitan bersama Menparekraf dan Mendikbud ke Borobudur (net)
MAGELANG - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan meminta Universitas atau Perguruan Tinggi di sekitar kawasan Candi Borobudur untuk dilibatkan dalam studi terkait candi. Hal ini dilakukan, agar bisa timbul rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikannya hingga generasi mendatang.

"Semua sudah sepakat, untuk sama-sama bekerja menyiapkan pembangunan kawasan Candi Borobudur dan akan juga disiapkan dana setiap tahun. Sehingga Candi Borobudur dapat menjadi laboratorium konservasi cagar budaya bertaraf Internasional," ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Minggu (14/3/2021).

Sementara itu, kata dia, penataan kawasan Candi serta kawasan homestay beserta listrik menjadi aspek amenitas yang akan menjadi fokus dalam peningkatan kualitas pariwisata di Candi Borobudur.

Kemudian, kata Luhut, akan ada peningkatan paket wisata dan event yang menjadi daya tarik atraksi.

"Untuk meningkatkan nilai kualitas wisata, kita juga perlu siapkan masyarakat dengan memberi pelatihan dalam bidang pariwisata, sehingga kita juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru," tandas dia. Sebelumnya Luhut menyebut permasalahan utama yang terjadi saat ini adalah adanya tekanan yang besar terhadap struktur Candi Borobudur akibat peningkatan jumlah pengunjung. (sumber okezone.com)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM