Maret 08, 2021

Bubuhan Banjar Kayuh Baimbai Silaturahim ke Sultan Banjar

Pesan Sultan Kedepankan di Mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung

Bubuhan Banjar Kayuh Baimbai Kaltim saat silaturahim ke Sultan Banjar (foto ist/kk)
BANJARMASIN, KABARKALTIM.CO.ID - Perhimpunan Bubuhan Banjar Kayuh Baimbai Kalimantan Timur, Sabtu (6/3/2021) bersilaturahim ke Sultan Banjar, YM Sultan Khairul Saleh di kediamannya di  Banjarmasin. 
Pada kesempatan itu, Ketua DPD Perhimpunan Banjar Kayuh Baimbai Balikpapan Kaltim Abdul Samad, memohon restu kepada Sultan Banjar dengan berdirinya perhimpunan untuk merekatkan persaudaraan Urang Banjar di Kaltim. 

Abdul Samad juga meminta masukan mengenai atribut yang akan digunakan dan memohon agar hukum adat Banjar mengenai baparbaik atau badamai bisa diterapkan untuk berbagai sengketa yang terjadi di masyarakat. 
Saling bertukar cendera mata antara Kesultanan Banjar dan Bubuhan Banjar Kayuh Baimbai
"Kami juga berharap Urang Banjar di Kaltim lebih dikenal sebagai salah satu unsur pembentuk masyarakat Kaltim," kata Abdul Samad. 

Sementara itu YM Sultan Khairul Saleh menyambut hangat dan baik, keinginan para pengurus dan berharap agar perhimpunan makin mempererat dan memperkokoh persaudaraan Urang Banjar. 

"Jaga kehormatan urang banua di perantauan. Hidupkan budaya Banjar di perantauan. Jangan sampai ada urang Banjar di perantauan yang teraniaya dan dalam kondisi kehidupan yang merana. Sikap tolong-menolong dalam kebaikan harus diutamakan. Kedepankan di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, sesama saudara laksana bantal tempat bersangga dan dinding tempat bersandar," pesan YM Sultan Khairul Saleh. 

Sultan Khairul Saleh juga berpesan agar perhimpunan dan anggotanya bisa menjadi contoh di dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga Urang Banjar akan dipandang sebagai warga yang baik dan bisa bekerja sama dengan pihak manapun. 

Sisi lain, menanggapi rencana Kesultanan Banjar mendirikan sebuah laskar, Abdul Samad turut mendukung sebagai bagian dari laskar Kesultanan Banjar. Abdul Samad menyatakan siap seandainya Kesultanan Banjar meminta untuk meleburkan Perhimpunan Bubuhan Banjar Kayuh Baimbai Kaltim ke dalam satu wadah milik Kesultanan Banjar. (*/ra)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM