November 03, 2020

Sekkab : Bisa Saja APBD Kutim Capai Rp 3 Triliun

Irawansyah (baharsikki/kk)
SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID-  Meskipun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Kutai Timur (RAPBD Kutim) 2021 senilai Rp 2,6 triliun sedang dirumuskan, tapi bisa saja berubah seiring dinamika politik pembangunan. Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Irawansyah menyakini APBD Kutim 2021 bisa saja lebih dari rancangan.

“Bisa saja APBD Kutim capai tiga triliun rupiah tahun 2021,” kata Irawasnayh di ruang kerja kantornya, kawasan Bukit Pelangi, Senin (2/11/2020).

Bertambahnya APBD Kutim 2021 menurut Sekkab, bisa melalui dana hibah, bisa lewat kebijakan Menteri Keuangan RI, bisa pula hasil evaluasi pemprov Kaltim.  Jika memang benar terjadi tambahan dana pembangunan, maka Pemkab Kutim tidak bisa berbuat banyak, karena tambahan dana yang dimaksud itu sudah diposkan, peruntukannya sudah jelas.

Program pembangunan yang bersumber dari APBD Kutim 2021 senilai Rp 2,6 triliun lebih, itu disusun tim anggaran. Yakni, Bagian Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Setkab, bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) selaku planning (perencana).

Terkait dengan belanja APBD Kutim 2021, maka diprogramkan ada pembiayaan Jaminan Sosial Tenanga Kerja (Jamsostek) alias BPJS tenaga kerja  untuk pegawai status Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) senilai Rp 1 miliar. Juga telah diusulkan lewat Bagian Organisasi dan Tatalaksana ke Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men-PAN) soal kenaikan Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP). Serta pembiayaan sektor pembangunan skala prioritas lainnya.

Tahun depan (2021) Pemkab Kutim, juga sedang menyediakan dana kisaran Rp 30 -50 miliar  untuk program  pemulihan ekonomi dampak dari covid-19. Sektor  prioritas untuk dibamgkitkan kata Irawansyah di antaranya; pertanian, koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) serta perindustrian dan perdagangan. (baharsikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM