April 01, 2020

Kerja Sama SatgasTMMD, Pemkot Bangun Jalan Alternatif

Untuk Mengurai Kemacetan Jalan Mulawarman Balikpapan Timur

Walikota Balikpapan Rizal Effendi bersama Dandim I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengek lokasi jalan tembus
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan yakni Bidang Jalan dan Jembatan, bekerja sama dengan Satgas TMMD ke-107, membangun jalan alternatif yang sangat dibutukan warga. Lokasi pembangunan jalan alternatif berada di Manggar, Balikpapan Timur. 
Jalan sepanjang 2,5 kilometer itu, merupakan jalan alternatif yang dibuka oleh Satgas TMMD dan terhubung dengan Km 8 Jl Soekarno Hatta, Balikpapan Utara, yakni Jalan Proklamasi dan Jalan Transad.
Kepala Dinas PU Balikpapan Andi Yusri Ramli mengatakan, pengerjaan jalan hingga menembus ke arah Transad dibuka dengan maksimal. “Ada yang lebarnya bisa sampai 26 meter, tapi minimal 14 meter," jelas Yusri.

Ini disesuaikan dengan kondisi ruas jalan yang ada. Diharapkan pengerjaannya bisa selesai beberapa pekan ke depan, karena masa kerja Satgas TMMD ini hanya sebulan. "Anggaran Rp 5 miliar keseluruhan. Rp 2,5 miliar TMMD dan Rp 2,5 miliar untuk karya baktinya," sebut Yusri.
Dia mengatakan, Jalan Mulawarman dulunya menjadi jalan utama dan selalu macet ketika hari besar tiba. Akses terbatas tersebut, membuat Pemkot Balikpapan terus berupaya membuka jalan baru selain Jalan Mulawarman. 
Jalan Proklamasi terhubung dengan Jalan Transad setelah dibuka oleh Satgas TMMD, maka kemacetan Jl Mulawarman akan terurai. “Karena itulah kami Pemkot Balikpapan berterima kasih terhadap para prajurit TNI yang membantu Pemkot lewat TMMD. Semoga tahun depan bisa digelar lagi. Sehingga membantu kami dalam membuka seluruh jalur yang berpotensi mengurangi kemacetan yang ada," harap Yusri.
Dengan begitu diharapkan beban lalu lintas di Jalan Mulawarman berkurang lantaran terbukanya akses. Perluasan jalan memang merupakan program Pemerintah Kota Balikpapan. 
"Saat ini selain pembukaan jalan juga peningkatan jalan melalui pengerasan untuk anggaran tahun 2020. Setelah itu diupayakan untuk diusulkan pekerjaan permanennya. Saya harap 2021 nanti pengerjaan permanen sudah bisa diusulkan untuk dilaksanakan," katanya.
Selain itu, juga ada program perbaikan rumah tidak layak huni (RLTH) dan pembuatan sanitasi yang merupakan pekerjaan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim). Material didapat dari Disperkim, pekerjaannya dilaksanakan  oleh TNI dalam  program Satgas TMMD. "Waktunya dilaksanakan bersamaan, baik bedah rumah dan pembukaan trase jalan," tandasnya.
Belum lama ini, Jumat (28/3/2020) lalu, pembukaan jalan tembus oleh Satgas TMMD ditinjau Wawali alikpapan H Rahmad Mas’ud.  Sebelumnya, HM Rizal Effendi SE juga meninjau didampingi Dandim 0905 Balikpapan Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, jajaran perwira TNI AD, Babinsa dan Babinkamtibmas. (*/bp/if/kk)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM