Desember 17, 2019

Schoolnet 2019 Eni Muara Bakau : Gali Potensi Pelajar SMP di Samboja

Para pemenang program Schoolnet garapan Eni Muara Bakau foto bersama (ist/kk)
SAMBOJA, KABARKALTIM.CO.ID-Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegian Hulu Migas Kalimantan dan Sulawesi (SKK Migas Kalsul) mengapresiasi program Schoolnet 2019 KKKS Eni Muara Bakau. Kegiatan kompetisi berbasis fotografi dan videografi ini menggali keterampilan siswa-siswi sekolah menengah tingkat pertama (SMP) di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara. 
Ada sebanyak 11 sekolah yang berpartisipasi mengirim hasil karyanya sebanyak 13 olahan videografi ke panitia pada ajang Schoolnet ini. Program yang dimulai sejak Juli 2019 lalu, pada Senin (16/12/2019) di Hotel Novotel Balikpapan diumumkan para pemenangnya. 

Dalam pengumuman para pemenang hadir manajemen Eni Muara Bakau Movina Nasriati dan Nina Soraya. Pihak Eni mengundang seluruh peserta dan guru pembimbing untuk hadir. Sehingga ballroom Novotel padat dipenuhi oleh ratusan peserta yang ikut berkompetisi. 

Tak ketinggalan kepala sekolah dan pemerintah daerah setempat dari Kecamatan Muara Jawa juga turut hadir untuk menyaksikan pengumuman Schoolnet 2019 tersebut. Pihak Eni menyampaikan kegiatan Schoolnet 2019 ini merupakan ajang kreativitas pelajar untuk menampilkan fotografi dan videografi yang mengangkat tema kebudayaan daerah setempat. 

Selain siswa dituntut kreatif, mereka juga tidak melupakan unsur-unsur budaya leluhur yang harus tetap diketahuinya. Sehingga karya-karya yang ditampilkan oleh para peserta semuanya menunjukkan kebudayaan daerah, baik berupa tari, asal mula tempat dan cerita rakyat. 

Sebagai apresiasi Eni pada para pemenang, selain mendapatkan bingkisan alat-alat belajar, pihak sekolah juga mendapatkan seperangkat komupter, printer dan sreen infocus. Yang sangat menarik, pemenang utama seluruh pesertanya mendapat kesempatan untuk tour edukasi ke Jakarta untuk belajar menambah kemampuan mereka di bidang videografi dan fotografi pada ahlinya. 

Staf Humas SKK Migas Kalsul Damar Setyawan sangat memberikan apresiasi dengan program Scholnet ini. Bagi para pemenang diharapkan untuk terus meningkatkan keterampilannya dan jangan terhenti sampai di ajang ini. 

Apalagi saat ini Kalimantan Timur yang ke depan menjadi ibu kota negara (IKN), tentunya dibutuhkan para pelajar yang kreatif untuk memberi kontribusi bagi perkembangan daerah. 

“Tingkatkan terus kemampuan diri, jagan berhenti berkreasi. Sehingga ke depan generasi yang ikut dalam Schoolnet ini bisa bersaing dengan pihak-pihak lainnya yang akan masuk ke daerah Kaltim,” ujar Damar. 

Hal senada juga diungkapkan Staf Kesra Kecamatan Muara Jawa H Baharudin Pasilo, dirinya sangat berterimakasih pada perusahaan Eni melalui kegiatan Schoolnet ini. Saat ini dengan menggunakan handphone (HP) segala aktivitas apapun bisa dilakukan. 

Sehingga sebagai pelajar kretivitas-kreativitas mengunakan foto ataupun video bisa menggunakan alat HP tersebut. “Schoolnet ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa. Kami dari pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan ini untuk dilanjutkan ke depan,” harap Baharudin. 

Selain itu, pihaknya juga mengharapkan Eni dapat selalu bekerja sama mendukung program-program pemerintah lainnya. Sehingga hubungan perusahaan migas dengan masyarakat sekitar operasinya tetap selalu terjaga dengan baik. 

Keluar sebagai pemenang dalam ajang schoolnet 2019 ini yakni juara 1 SMP Negeri 4 Samboja dengan mengangkat tema Asal Mula Anak Sungai Mahakam. Juara 2 ditempati SMP Negeri 5 Samboja melalui cerita Aji Batara Agung Dewa Sakti. Sedangkan juara 3 diraih MTs Negeri Samboja Al Arsyadi 2 dengan tema Tari Burung Engang. (*/da)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM