September 27, 2019

Walikota Diminta Buka Pendaftaran Calon Sekda Balikpapan


Taufik
BALIKAPAN, KABARKALTIM.co.id - Masa jabatan Sekretaris Daerah kota Balikpapan sebagaimana diketahui telah berakhir sejak Juli 2019. Hingga kini Pemkot belum melaksanakan upaya pergantian masa jabatan tersebut. 

Ini menuai kritikan sejumlah elemen masyarakat. Anggota DPRD Balikpapan dari PKB, Taufik Qul Rahman, meminta Walikota Balikpapan Rizal Effendi, agar segera melakukan pembukaan pendaftaran, untuk calon jabatan Sekretaris Daerah (Sekda), yang saat ini masih dijabat Sayid MN Fadly. 

Menurut Taufik, Walikota semestinya jauh hari sudah melakukan evaluasi posisi jabatan Sekda. Apalagi masa jabatan Sekda Balikpapan sudah diperpanjang 2 kali. Itu pun tentunya melalui mekanisme yang ada, karena Sekda merupakan pimpinan tertinggi dalam jabatan aparatur sipil negara (ASN). 

"Walikota segera melakukan evaluasi terhadap posisi jabatan Sekda. Masak mesti menunggu masa jabatan Walikota berakhir pada tahun 2020? Nanti kesannya lain di masyarakat," kata Taufik kepada Wartawan. 


Evaluasi yang dimaksudnya, yakni Walikota melakukan penjaringan di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Balikpapan. Jangan hanya dilihat dari tingkat kemampuan asisten saja. Dirinya menyebut, stok regenerasi untuk jabatan Sekda masih banyak, dan pangkat tentunya setingkat eselon jabatan. 

"Saya rasa tidak ada alasan lagi untuk penundaan pergantian jabatan Sekda. Jangan ada kesan, asal cocok dan bapak senang," terangnya dengan nada serius. 

Semestinya regenerasi ASN terus dirolling, sehingga karier ASN yang telah memenuhi syarat tidak mentok. Itulah tujuan sebenarnya reformasi birokrasi di pemerintahan. Selain itu pula, open bidding dan assesment, tidak mutlak menjadi kewenangan Walikota, karena SK pengangkatan Sekda berdasarkan keputusan Mendagri RI. (munawar/rahman)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM