Juli 07, 2019

Tuntut Hak, Orang Tua Siswa Minta Ijazah Anaknya untuk Melanjutkan ke SMP

PURWOREJO, KABARJATENG.CO.ID-Orang tua siswa atas nama Irfan Faishal Ardiansyah Rizal, kini sedang kebingungan untuk menyekolahkan anaknya tersebut ke bangku SMP. Apa pasalnya? 

Hingga saat ini Irfan yang belum menerima ijazah maupun raport dari sekolahannya SD-nya, dan hal itu menjadikan orang tuanya sangat kesulitan mendaftarkan anaknya. Keluh kesah orang tua siswa yang tinggal di wilayah Desa Purwodadi Kecamatan Purwodadi-Purworejo, dibeberkan kepada media ini, Senin (8/7/2019) siang. 

"Anak saya Irfan sekolah di SDN Purwodadi. Hingga kini, kami hanya diberi selembar kertas yang isinya menerangkan, bahwa anak saya tersebut telah tamat," beber orang tua Irfan, Rizal didampingi istri dan anak-anaknya. 

"Kami disarankan pihak SD untuk mendaftar ke SMPN 33 Purworejo dengan alasan SMP tersebut menerima anak berkebutuhan khusus. Sudah kami coba, namun di sana juga tidak diterima. Kami sangat kebingungan, kasihan mental dan psikologis anak, bisa down," imbuh Rizal. 

"Apalagi yang membuat kami bingung, pihak SD menyebutkan anak kami itu merupakan anak berkebutuhan khusus (ABK), namun juga tidak jelas kebutuhan khusus yang bagaimana? Wong anak saya juga belajar seperti biasa di sekolahan hingga kelas 6 SD," beber Rizal kembali yang menuntut haknya, agar Irfan mendapatkan ijazah sebagai tanda tamat belajar yang sah atau resmi. 

Media ini yang menelisik mendapatkan informasi, jika Irfan saat ujian nasional, tidak diikutkan ujian nasional. "Itu juga kami bingung, anak saya tidak diikutkan ujian nasional, jadi saat ujian disarankan ke perpustakaan," urai Rizal yang dibenarkan Irfan anaknya. 

Bahkan ibunya Irfan sempat mendatangi salah satu SD di Bubutan Kecamatan Purwodadi, yang meminta anaknya dapat bersekolah di SD tersebut, dengan harapan nantinya dapat mengikuti ujian. "Pihak SD di Bubutan menolak, karena Irfan dinyatakan sudah tamat dari SD sebelumnya. Siswa yang sudah tamat, tidak mungkin mengulang lagi, tapi melanjutkan pendidikan di atasnya lagi," kata Ny Rizal. 

"Yang jelas, saat ini kami meminta kepada pihak terkait, agar anak saya Irfan mendapatkan ijazah yang sah. Karena itu sangat diperlukan untuk masuk SMP hingga pendidikan di atasnya lagi. Sebagai orang tua, kami tidak mau anak menjadi down dan patah semangat," tegas Rizal. (kj) 


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM