Juli 29, 2019

Sumur Bor Tak Beri Solusi, Warga Teluk Pandan Masih Krisis Air Bersih

KUTIM, KABARKALTIM. CO.ID- Belasan ribu warga Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur dalam kawasan Taman Nasional Kutai (TNK) alami kekurangan air bersih akibat curah hujan tidak menentu. Berdampak pada stok air danau bening dijadikan sumber air baku PDAM. Lagi pula sumur bor buatan Pemkab belasan titik belum bisa dimanfaatkan, lantaran masih perlu biaya tinggi.
Warga Teluk Pandan selama ini untuk penuhi keperluan air lebih banyak tergantung hujan. Kalau musim kemarau warga kesulitan mendapat air bersih. Juga gagal bercocok tanam,” terang warga setempat.

Pemkab Kutim melalui Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) terus berupaya mencarikan solusi kedepan agar warga Teluk Pandan mendapat layanan air bersih.
Upaya yang sedang dalam pengkajian menurut Direktur PDAM Suparjan, yakni menjalin komunikasi dengan perusahaan tambang batubara PT. Indominco Mandiri. Indominco punya bekas galian tambang batubara yang kini menjadi danau. Air danau tersebut bisa dijadikan sumber air baku untuk PDAM.
Hanya saja, PDAM tidak berwenang untuk menyediakan air baku. Yang berkewenangan menyediakan air baku adalah Bidang Irigasi Dinas Perkejaan Umum.” Kata Suparjan usai rapat koordinasi di ruang Meranti, Kantor Bupati, Bukit Pelangi, Senin (29/7/2019).
Kalau sumber air baku PDAM dari danau bekas tambang Indominco bisa diolah dan dimanfaatkan, lanjut Suparjan, maka krisis air bersih di wilayah Desa Bukit Pandan, Desa Suka Rahmat dan Desa Danau Redan bisa teratasi. Karena permukiman penduduk yang saat ini padat penduduk di kisaran simpang tiga Bontang-Sangatta-Samarinda.
Surat Indominco kepada kami terkait itu (air danau, Red) sudah ada. Tinggal tindak lanjutnya. Kami evaluasi terus,” tukasnya.
Bila PDAM Teluk Pandan terealisasi, maka insya Allah bukan hanya warga Teluk Pandan yang bisa merasakan memanfaatnya, tapi juga bisa dijual ke warga Bontang. Karena Bontang kedepan disinyalir kesulitan mendapat air bersih. Air tanah Bontang sudah menipis.
Sementara sumber air baku PDAM Teluk Pandan selama ini hanya dari air hujan tertampung di Telaga Bening. Kondisi Telaga Bening Juli 2019 nyaris kering. Mau dikeruk tidak bisa karena itu masuk wilayah kawasan TNK. Jadi warga setempat tiap tahun alami penderitaan serupa. Layanan air bersih entah kapan bisa terpenuhi. (baharsikki)



Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM