Juli 08, 2019

Optimalisasi PAD dan Dana Bagi Hasil : ASN yang Membawa Kendaraan Dinas Harus Bayar Pajak Tepat Waktu

Kepala Bapenda Kaltim Dra Hj Ismiati MSi saat menyampaikan materinya (ist/kk)
PASER, KABARKALTIM.CO.ID-Bertempat di Pendopo Kabupaten Paser, Senin (8/7/2019) digelar rapat koordinasi lain-lain Pendapatan Daerah Pemerintah Kabupaten Paser tahun 2019. Hadir dalam kegiatan itu dan menyampaikan materinya, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kaltim Dra Hj Ismiati MSi, yang selalu getol dalam melakukan berbagai terobosan dan inovasi bersama jajarannya, untuk maksimalisasi pendapatan asli daerah (PAD). 

Dalam rakor tersebut, diketahui aset kendaraan roda 2 dan roda 4 Pemerintah Kabupaten Paser tahun 2000-2018, sebanyak 1.270 unit. Dari jumlah tersebut, belum maksimal dalam pemenuhan kewajibannya, terkait pajak kendaraan. 


Ismiati bersama jajaran Bapenda Kaltim wilayah Kabupaten Paser (ist/kk)
"Melalui rapat koordinasi ini, bertujuan untuk peningkatan intensifikasi pendapatan daerah provinsi sesuai dengan UU nomor 28 tahun 2009. Dimana pembagian hasilnya, 70 persen untuk pemerintah provinsi dan 30 persen untuk pemerintah kabupaten," jelas Ismiati. 

Ismiati mendorong, maksimalisasi pembayaran pajak kendaraan di lingkup Pemkab Paser, demi peningkatan PAD, baik untuk provinsi maupun Kabupaten Paser sendiri. Sebagaimana pula menjadi instruksi Gubernur Kaltim Isran Noor, untuk dilakukannya terobosan, inovasi dalam maksimalisasi PAD di semua sektor. Hal itu demi percepatan pembangunan Kaltim dan kesejahteraan masyarakatnya. 

Senada,  Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi juga mendukung optimalisasi PAD dan dana bagi hasil pajak provinsi sektor pajak kendaraan bermotor (PKB), bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) Provinsi Kaltim.  "Itu perlu dukungan semua pihak, khususnya apatur sipil negara yang membawa kendaraan dinas yang ada di wilayah Kabupaten Paser, untuk melakukan pembayaran tepat waktu. Agar dapat tercapai penerimaan PAD secara maksimal," harap  Bupati Yusriansyah Syarkawi. 

Sementara itu Kepala UTPD Bapenda Kaltim wilayah Paser Suyoso Nantra SSos MM,  juga sangat mendukung upaya-upaya untuk optimalisasi PAD dan dana bagi hasil pajak provinsi. "Sesuai dengan arahan baik dari Gubernur, Kepala Bapenda Kaltim dan juga Bupati Paser, untuk optimalisasi PAD. Yang membawa kendaraan dinas, harap membayar pajaknya tepat waktu," beber Suyoso Nantra. (kk)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM