Juni 05, 2019

Idul Fitri, AGM : Kembali Menjadi Insan-insan yang Fitri

Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud memberi sambutan saat salat Ied di Masjid Agung Al-Ikhlas Nipahnipah (ist/kk)
PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Perayaan Idul Fitri 1440 H, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas'ud (AGM) beserta keluarga melakukan salat Ied di Masjid Agung Al-Ikhlas Nipahnipah, Rabu (5/6/2019). 

AGM menyampaikan, momen Idul Fitri yang setiap tahun dirayakan, sebagai sebuah momen yang di dalamnya penuh dengan kandungan makna dan hikmah yang sangat berguna bagi kehidupan, sungguh sangat disayangkan jika momen Idul Fitri ini dilihat hanya sebagai sebuah ritual rutin yang diperingati tanpa ada upaya untuk terus menghayati, mendalami dan mengamalkan maknanya. 

"Momen Idul Fitri mengamanatkan kepada kita semua untuk kembali menjadi insan-insan yang fitri. Idul Fitri menitipkan pesan kepada kita semua untuk menyingkirkan jauh-jauh sifat dan karakter yang menjadi penghalang kita semua untuk kembali kepada fitrah kita," kata AGM. 
Lanjut dia, semua seharusnya dapat mengambil makna bahwa dipertemukannya dengan Idul Fitri setiap tahun, untuk mengingatkan semua untuk terus-menerus menjadi insan yang lebih fitri, lebih baik, lebih beriman dan lebih bertakwa. 

"Karakter insan-insan yang fitri adalah insan yang senantiasa mencintai kedamaian, mengharapkan ketenangan dan menghindari kerusakan. Napas dari insan-insan yang fitri dan murni adalah adanya niat dan upaya untuk selalu mengedepankan harmoni dan kedamaian dalam kehidupan sehari-harinya," ujarnya. 

AGM juga menyatakan, semua harus menyadari sepenuhnya bahwa kedamaian akan lebih memberikan ruang terhadap kehidupan pribadi dan sosial yang lebih baik. Dalam konteks kehidupan sosial bermasyarakat, prinsip menjunjung tinggi kedamaian dan menghindari kerusakan sudah seharusnya dijadikan pegangan oleh semua pihak yang ada di daerah. 

"Kesempatan ini saya mengajak umat Islam untuk senantiasa menjadi pilar terdepan dalam membangun suasana damai, tentram, teduh dan kondusif, harus menyadari bahwa hanya dengan kondisi ini kita dapat menciptakan tingkat kesejahteraan dan kehidupan masyarakat, serta kemajuan daerah yang lebih baik," ungkap AGM. 

"Biarlah semangat kebersamaan akan terus mempersatukan kita, untuk menunjang berbagai kebijakan dan program pemerintah demi mewujudkan masyarakat Penajam Paser Utara yang semakin berbudaya, berdaya saing dan sejahtera," pungkasnya. Usai salat Ied AGM mengundang warga Kabupaten PPU dan sekitarnya untuk bersilaturahmi Idul Fitri 1440 H di rumah jabatan Bupati. (haru)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM