Senin, 08 Oktober 2018

Kasus Kekerasan PA Meningkat, Stakeholder Kuatkan Kerjasama

Aksi teken kerjasama. (baharsikki/kk)
KUTIM, KABARKALTIM.CO.ID- Kasus kekerasan perempuan dan anak (PA) di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) cenderung meningkat seiring waktu. Upaya menekan kasus PA, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (BPPA) menggelar aksi penandatanganan kerjasama pencegahan, penanganan, serta penampingan terhadap korban dengan melibatkan sedikitnya 9 instansi pemangku kepentingan (stakeholder) di lingkup Kutim.
Sayangnya, saat aksi penekenan kerjasama dilangsung di ruang Meranti, Setkab Bukit Pelangi disaksikan Bupati Ismunandar, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Sekkab Irawansyah, serta undangan ternyata tidak semua hadir. Dari 9 pejabat yang berwenang membubuhkan tandatangannya, ternyata ada tiga pejabat yang tidak tampak pada momentum baik itu.

Yang membubuhkan teken di antaranya: Direktur RSU Kudungga Anik, Kepala BPPA Aisyah, Kepala Dinas Kesehatan Bahrani, dan Ahmad Asy Safti (perwakilan Kemenag). Sementara, Kapolres AKPB Teddy (diwakilkan), dan Vici Daniel (tokoh agama), dan Kepala Dinas Sosial Jamiatulkhair tidak meneken lantaran yang bersangkutan tak hadir.
Sebenarnya, penanganan kasus kekerasan perempuan dan anak sudah berjalan selama ini. Namun melalui penekenan kerjasama ini diharapkan kepada semua pihak terkait lebih bersinergi lagi agar masalah ini lebih tuntas,” kata Aisyah sesaat aksi penekenan kerjasma penanganan kasus PA, Senin (8/10/2018).
Soal penanganan kasus PA di lingkup Pemkab Kutim, harus berdasar pada porsi masing-masing, dan pembiayaan ditanggung para pihak.
Selanjutnya, dalam Pasal 7 kerjasama yang dimaksud mengenai force majeure. Maka masing-masing pihak dibebaskan dari tanggungjawab atas keterlambatan atau kegagalan memenuhi kewajiban disebabkan karena di luarkan kekuasaannya. Peristiwa yang tergolong force majeure adalah bencana alam seperti gempa bumi, angin taupan. Juga adanya tindakan pemerintah pada bidang perekonomian dan moneter yang berpengaruh terhadap kerjasama ini. (baharsikki)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM