Jumat, 26 Oktober 2018

FESTIVAL LITERASI SMAN 12 KOTA BEKASI

Reportase: Endah Priyati MPd

Salam Literasi


MASIH dalam suasana penguatan Gerakan Literasi Nasional dengan Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 yang diperkuat dengan SK Kepala Sekolah SMA Negeri 12 Kota Bekasi nomor 800/710/SMAN 12 BKS/VIII/2018 tentang Gerakan Literasi Sekolah SMA Negeri 12 Kota Bekasi. Saya Endah Priyati sebagai Koordinator Gerakan Literasi Sekolah bersama Tim GELIS (Gerakan Literasi Sekolah) SMAN 12 Kota Bekasi, menginisiasi sebuah persembahan Festival Literasi yang menampilkan 3 acara yaitu sebagai berikut:


1. Festival Unjuk Kreasi Literasi yang ditampilkan oleh 27 grup kreasi dalam pentas pertunjukan

2. Bincang Cerdas Literasi dari berbagai narasumber kompeten yaitu:

*Novia Fitriyati (DISKOMINFOSTANDI Kota Bekasi) yang berbicara bagaimana cerdas berliterasi digital mencegah penyebaran hoaks di media sosial.
*Kombes Pol. Dr. Indarto (Kapolres Metro Bekasi Kota) yang bicara upaya penegakan hukum yang berkaitan dengan perlawanan hoaks di media sosial dan UU ITE.
*Heru Nugroho (Ketua Komunitas Masyarakat Peduli Literasi Digital) yang bicara tentang literasi digital melawan hoaks dan literasi finansial berbasis digital.
*Endah Priyati (Koordinator Gerakan Literasi Sekolah Kota Bekasi) yang bicara tentang bagaimana menggerakkkan generasi milenial agar cerdas berliterasi dengan mengutamakan manfaat dan kebermaknaan sumber belajar yang kreatif dan inovatif.

3. Uji Cerdas Literasi dengan menggunakan Edu Game Rangking Satu yang mengajak semua siswa terlibat untuk belajar menguji kecerdasan diri dalam pemecahan soal-soal 6 elemen literasi.

Kegiatan Festival Literasi yang terselenggara pada  Kamis, 25 Oktober 2018 dari pukul 07.00-17.00 WIB ini, diikuti oleh 135 siswa yang menampilkan Unjuk Kreasi Literasi dan Uji Cerdas Literasi.

Peluang dari acara ini adalah memberi kesempatan siswa untuk diseleksi mengikuti Lomba Atikan yaitu Literasi Pendidikan tingkat Provinsi Jawa Barat yaitu Jabar Juara. Festival Literasi yang merupakan program unggulan Gerakan Literasi Sekolah SMA Negeri 12 Kota Bekasi memberikan pentas pertunjukan yang menampilkan 6 elemen literasi, yaitu literasi sains, numerik, budaya, kebahasaan, digital dan finansial.

Semoga gelombang cerdas berliterasi ini akan berdampak positif pada penumbuhan budi pekerti dan penguatan karakter bangsa bertema "Menciptakan Generasi Kreatif Berinovasi dengan Cerdas Berliterasi".

Saya sebagai Koordinator Gerakan Literasi Sekolah berharap agar generasi milenial kita memiliki kecakapan membaca, menulis, berkreasi, berinovasi dan berprestasi sebagai kecakapan abad 21.

Dengan membaca kita membuka jendela dunia. Dengan menulis kita membuka celah pintu penjelajahan dunia. Dengan berkreasi dan berinovasi kita merawat isi dunia. Dengan berprestasi kita berkontribusi bagi peradaban dunia. Dengan membaca kita membuka jendela dunia. Dengan menulis kita membuka celah pintu penjelajahan dunia. Dengan berkreasi dan berinovasi kita merawat isi dunia. Dengan berprestasi kita berkontribusi bagi peradaban dunia. (*)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM