September 01, 2018

Gladi Posko Kodim PPU : Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

PENAJAM, KABARKALTIM.CO.ID-Kodim 0913/PPU menggelar latihan gladi posko dengan tema melaksanakan tugas bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di kantor Makodim 0913/PPU, Jumat (31/8/2018).

Kegiatan ini digelar selama 3 hari, 29-31 Agustus 2018, sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam khususnya kebakaran hutan dan lahan.

Komandan Kodim 0913/PPU Letkol Inf Mahmud SIP selaku pelaksana gladi posko memaparkan langkah terkait penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Gladi posko pada intinya melatih dalam penanggulangan bencana apapun, termasuk kebakaran hutan dan lahan. Kita sinkronasikan seluruh unsur yang ada baik itu personel maupun peralatan untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Lanjut Dandim, dalam penanggulangan bencana ada beberapa tahapan di antaranya sebelum terjadi bencana, melaksanakan sosialisasi, seperti Babinsa memberikan imbauan kepada masyarakat terkait dengan kebakaran hutan dan lahan. Gladi Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan komandan dan staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

"Pada intinya tujuaanya adalah untuk membuat satuan lebih siap dan bisa menganalisa dan mencarikan jalan terbaik untuk mengatasi suatu permasalahan di wilayah Kabupaten PPU,”pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Penjabat Bupati PPU Bere Ali, Sekretaris Daerah PPU H Tohar, Kapolres PPU AKBP Sabil Umar, BPBD PPU dan sejumlah anggota TNI/Polri dan pemerintah daerah. (haru)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM