Jumat, 25 Mei 2018

PERTANIAN KALTIM HARUS JADI LOKOMOTIF EKONOMI KALTIM

 catatan : Kolonel (purn) Donald Sitorus 

Donald Sitorus (kanan) bersama Ketua KTNA Kukar Edi Damansyah yang juga Bupati Kukar
DALAM kondisi ekonomi Kaltim yang masih lesu, kita harus mencari solusi untuk bangkit dari keterpurukan tersebut. Kita harus memanfaatkan sumber daya yang kita miliki. Kaltim cukup luas lahannya, dan kaya akan sumber daya agrobisnis yang belum kita gali. Untuk itu mari kita bangun dan kembangkan usaha yang berbasis pertanian ini. 

Petani harus bangkit dan maju, profesional dan modern. Pengembangan agrobisnis yang lebih kompetitif harusnya bisa menjadi awal upaya pemulihan ekonomi Kalimantan Timur. Oleh karena beraneka sumber daya pertanian tersedia secara alami di seluruh penjuru Kalimantan Timur, mulai dari perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan, pertanian dan subsistem hilirnya dapat dikembangkan. 


Potensi ini harus kita riilkan menjadi kekuatan baru ekonomi Kaltim. Agrobisnis juga memiliki dimensi pemerataan karena digerakkan oleh banyak orang pada berbagai strata sosial mulai dari petani hingga pengusaha. 

Jumlah angka kemiskinan bisa diturunkan secara nyata dengan melibatkan sebanyak mungkin tenaga kerja yang selama ini tidak memperoleh kesempatan bekerja maupun berusaha. 

Kesempatan bekerja dan berusaha bisa disediakan di seluruh subsistem agrobisnis. Semakin besar dan semakin berkembang agrobisnis yang digerakkan, akan semakin banyak mempekerjakan orang serta memberikan kesempatan kepada wirausahawan-wirausahawan. 

Ekonomi Kaltim harus bisa bangkit melalui agrobisnis. Saya mengajak para petani, pemuda, pengusaha, akademisi bersama pemerintah daerah, mari kita satukan gerak langkah dan visi misi kita untuk mewujud Kaltim menjadi pusat agrobisnis yang maju dan hebat yang dapat menyejahterakan rakyat Kaltim. (*)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM