Minggu, 08 April 2018

Pesawat Susi Air Rusak Sayapnya

Pesawat Susi Air

KUTIM, KABARKALTIM.CO.ID-  Bupati Ismunandar memerintahkan kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) untuk  segera membuat surat agar dikirim ke Kementerian Perhubungan terkait belum terlayaninya transportasi udara rute Balikpapan -Sangatta. Yang rencana penerbangan perdana Rabu, Maret 2018 lalu. Namun gagal terbang lantaran ada kerusakan pada sayap pesawat Susi Air.

"Surat ini dimaksud untuk memberitahukan kepada Menteri, bahwa Susi Air belum terbang. Jangan sampai nantinya, Susi Air hanya mengejar terget terbang. Tapi layanan masyarakat tidak terpenuhi. Ini  yang perlu diwaspadai. Karena yang rugi 'kan Kutim sendiri," tegas Ismunandar usai rapat koordinasi di kantornya, Bukit Pelangi, Senin (9/4/2018).


Ismunandar (baharsikki/kk)
Sedangkan, Kepala Dinas Perhubungan Ihsan menyatakan, pesawat Susi Air  kini sedang perbaikan di Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara). Insya Allah satu minggu kedepan, mungkin perbaikan sudah selesai.  "Saya sudah komunikasikan dengan manajemen Susi Air. Katanya, masih rusak pesawatnya," jelasnya.

Pesawat perintis milik Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti  -Susi Air- .jelajahi langit Sangatta selama 5 hari dalam sepekan. Penerbangan rute Sepinggan Balikpapan –Tanjung Bara Sangatta tiap Senin sampai Jumat. Dari Balikpapan pukul 07. 40 Wita dan tiba di Tanjung Bara Sangatta pukul 08.20 Wita. Serta penerbangan dari Sangatta ke Balikpapan pukul 09.40 dan tiba di Balikpapan pukul 10.20 Wita.

“Waktu tempuh hanya sekira satu jam lamanya,” kata Kepala Bidang Udara Dinas Perhubungan Chairuddin belum lama ini.

Penerbangan Susi Air rute Balikpapan- Sangatta terhitung sejak Rabu 28 Maret 2018, dan berlaku 9 bulan kedepan.Berikutnya, akan dievaluasi. Ongkos  per kursi (seat) dari Balikpapan  ke Sangatta Rp 640.000 per orang. Dan, harga tiket dari Sangatta ke Balikpapan Rp 380.000 per orang. Susi Air hanya tersedia 10 seat untuk penumpang.

Untuk mendapatkan tiket dari Balikpapan ke Sangatta, penumpang bisa membeli di loket Susi Air Bandara Aji Salehuddin Sepinggan Balikpapan. Sedangkan rute dari Sangatta ke Balikpapan calon penumpang bisa membeli tiket di Kantor Dinas Perhubungan, Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi.

Hal di atas disikapi bijak Wakil Bupati Kasmidi Bulang. Dia mengatakan, jalur transportasi udara di Kutim khususnya Sangatta memang sangat dibutuhkan masyarakat. Karena apabila ada urusan genting di luar Kutim, warga bisa menggunakan jasa transportasi udara. Kendati jumlah penumpang satu kali penerbangan harnya tersedia 10 kursi. Tapi itu sudah lumayan daripada tidak ada sama sekali.

“Kadang ada urusan penting mendadak mau berangkat atau ada tamu penting mau datang. Akhirnya tidak jadi, karena kendala transportasi. Kalau ada layanan pesawat seperti ini bisa lebih cepat sampai tujuan, dan urusan lebih mudah diselesaikan,” harap Kasmidi Bulang.

Untuk 10 penumpang menurut wakil bupati Kutim, sebaiknya dibagi dua, masing-masing 4 penumpang umum, dan 4 seat jatah pejabat. Lagi-lagi, pertimbangan utama prioritas terbang yakni kegentingan penumpang yang bersangkutan. Jangan semua seat diperiortaskan untuk pejabat atau pengusaha. Tapi perlu pula ada ketersediaan seat bagi masyarakat tiap penerbangan.

 Selanjutnya, Kepala Bidang Perhubungan Darat Dishub Failu menyatakan, terlayaninya transpostari udara Sangatta- Balikpapan, otomasi pengguna saja transportasi udara lebih cepat sampai tujuan daripada lewat jalur darat. Naik mobil sewa perlu waktu tempuh sekira 8 jam lamanya dengan ongkos sekira Rp 180.000 atau Rp 200.000,- per orang. (baharsikki)

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM