Selasa, 27 Maret 2018

Inilah Petunjuk Teknis Dana BOS 2018


Salahgunakan Dana Bos,  Sanksi Menanti


BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Pelaksanaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) 2018  mengacu kepada permendikbud no 1 tahun 2018 tentang petunjuk teknis bantuan operasional. Mengacu hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi, penggunaan dana BOS tersebut itu diperuntukkan sekolah khususnya, di antaranya penggunaan 20 persen peruntukannya untuk buku, 15 persen untuk pegawai, sisanya untuk kegiatan lain yang menunjang kegiatan sekolah,seperti pembayaran air dan listrik.

“Ada juga beberapa hal yang tidak digunakan, pertama tidak boleh dibungakan, tidak boleh dipinjamkan kepada pihak lain, tidak boleh membeli software atau perangkat lunak untuk pelaporan keuangan dana BOS atau software teknis. Tidak boleh membiayai kegiatan yang menjadi prioritas sekolah misalnya study banding, study tour, karya wisata dan sebagainya,” kata Kasi Sarana SD, Lukman Hakim, mewakili Kabid Sekolah Dasar Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan Kota Balikpapan. 


“Dana BOS khusus digunakan untuk operasional sekolah untuk pengembangan sekolah dan penerapan delapan standar nasional, itu boleh,” kata Lukman kepada kabarkaltim.co.id, Selasa (27/3/2018). 

Penggunaan BOS di sekolah harus didasarkan pada kesepakatan dan keputusan bersama antara Tim Bos Sekolah, Dewan Guru dan Komite Sekolah, hasil kesepakatan tersebut harus dituangkan secara tertulis dalam bentuk berita acara rapat dan ditandatangani oleh peserta rapat

Menurut Lukman, dana BOS yang diterima sekolah setiap triwulan/semester dapat direncanakan untuk digunakan membiayai kegiatan lain pada triwulan/semester berikutnya, diutamakan untuk pembayaran  langganan daya dan jasa dan honor.  
Harapan kami sekolah melalui kepala sekolah bisa tertip menggunakan dana BOS sesuai juknis yang ada, jangan sampai bertentangan dengan juknis,” harapnya.
Kepada setiap sekolah yang melanggar aturan dan menyalagunakan dana mereka akan disanksi, dengan cara lisan atau tertulis tergantung tingkat kesalahan mereka,” tegasnya. (beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM