Kamis, 28 Desember 2017

Pembangunan Pipa Distribusi IPAM Teritip Terus Berlanjut


BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Pembangunan pipa distribusi dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Waduk Teritip masih kurang 14 kilometer. Ini dikejar agar bisa rampung setidaknya akhir 2018. Saat pembangunan IPAM Teritip telah rampung, siap memproduksi air bersih dengan kapasitas 200 liter per detik.

Dirut PDAM Tirta Manggar Balikpapan Haidir Effendi menyebut, pihaknya terus mencari sumber pendanaan. Baik dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maupun Dinas Pekerjaan Umum (PU) provinsi. “Karena mahal, jadi enggak mungkin bergantung penuh pada anggaran kota,” ujarnya. 

Kendati demikian, tahun depan ada alokasi APBD kota untuk membantu penyelesaian proyek ini sebesar Rp 9 miliar. Duit itu akan dibagi. Selain untuk pembangunan pipa distribusi juga untuk kelengkapan aksesorisnya. Sementara kabar terakhir akan ada kucuran Rp 7,5 miliar tahun depan dari provinsi. Sedangkan tahun ini Pemprov Kaltim telah mengucurkan Rp 10 miliar untuk pengerjaan sepanjang 2.310 meter.


"Memang berkurang (kucuran provinsi tahun depan) tapi syukurlah berkelanjutan. Kalau setiap tahun ada, mudah untuk mengusulkan berikutnya. Yang penting ada terus walaupun sedikit,” imbuhnya.

Sementara dari pusat memang belum ada kabar. Biasanya baru diketahui pada Maret atau April. Haidir melanjutkan, jalur baru ini bukan satu-satunya jalur yang ada di Balikpapan Timur. Sehingga dia memastikan IPAM Teritip yang mengolah air dari Waduk Teritip tetap bisa berproduksi meski jaringan pipa baru ini belum rampung. Jaringan pipa baru ini memang untuk pengembangan pelanggan baru yang jumlahnya mencapai 16 ribu sambungan. 

Sehingga pembangunan pipa distribusi ini tak akan menggantikan pipa yang sudah ada. Melainkan dioperasikan bersamaan secara paralel. “Tapi memang jaringan yang ada sekarang diameternya kecil. Jadi memang perlu jaringan baru untuk memaksimalkan suplai dari (waduk) Teritip,” pungkasnya. (beny)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM