November 21, 2017

SMPN 1 Balikpapan Kunjungan Balasan ke Sekolah Rujukan Bali dan Lombok





Puguh Birowo (benny/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-SMPN 1 Balikpapan berkunjung  ke Bali bersama beberapa sekolah rujukan yang ada di Kaltim, seperti SMPN 1 Samarinda, SMPN 1 Penajam, SMPN 9  Bontang, ada juga dari Kukar serta Mahakam Hulu (Mahulu). "Kita hanya membandingkan bagaimana pengembangan sekolah kita, sehinggga kita melihat langsung sekolah yang ada di luar Kaltim ini," kata Kepala SMPN 1 Balikpapan Puguh Birowo MPd di ruang kerjanya, Senin (20/11/2017). 


'Hasilnya banyak sekali hal-hal yang baru yang belum kita terapkan di sekolah kita ini di Kaltim, sudah ada di sana. Seperti tentang pembelajaran, tentang kegiatan siswa, tentang ekosistem lingkungan, tentang kesiswaan dan sebagainya,’ ujar Puguh.


Dia menambahkan, selama di Bali semua sering berbagi dan bertukar informasi. "Mengambil dari mereka, sebaliknya mereka mengambil dari kita, sehingga diharapkan sekolah rujukan di Indonesia ini memiliki grade atau capain-capaian yang sama ataupun yang merata," katanya. 


Disinggung apa yang bisa ditiru sekolah rujukan yang ada di Kaltim? Menurut Puguh, sekolah rujukan di Kaltim sudah melaksanakan olimpiade sains tingkat provinsi, di Bali belum melaksanakan. "Mereka ingin juga melaksanakan seperti apa yang sudah kita laksanakan di Balikpapan atau di Kaltim ini,” ucapnya. 


Masih menurut Puguh, dengan saling berkunjung saling melihat langsung kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan pada akhirnya bisa sama-sama menjadi sekolah rujukan yang mana dulu namanya RSBI.


"Harapan kami memang kita harus bisa melihat keluar jangan di dalam terus karena kadang kala kita sudah sangat bagus di dalam, tapi di luar justru banyak yang melebihi prestasi kita. Contohnya kita melihat di SMPN 2 Lombok, sudah masuk sekolah sehat tingkat nasional, sementara kita belum. Makanya tantangan untuk kita harus bisa meniru hal-hal yang baik yang ada di sekolah lain,”tandas Puguh. (beny) 
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM