Senin, 27 November 2017

DKP Kutim Belum Tahu Jumlah Produksi Ikan


SANGATTA, KABARKALTIM.CO.ID- Kurangnya sarana dan prasarana memadai di
Ikan Kutim.
Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Pemprov. Kaltim membuat Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat belum mengetahui jumlah produksi ikan hasil tangkapan para nelayan sepanjang tahun 2017. Selama ini hasil tangkapan nelayan di wilayah Kutim lebih banyak disuplay ke Bontang.


“Jumlah produksi ikan, tidak bisa diukur kalau di pasar- pasar. Jumlah produksi ikan bisa diketahui hanya di TPI atau tempat pelelangan ikan,” kata Kepala DKP Nur Ali dalam rapat koordinasi dipimpin bupati Kutim di ruang Meranti, Kantor Bupati Bukit Pelangi, pekan keempat November 2017.



Nur Ali menjelaskan, Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang ada di Kenyamukan itu yang dibangun Pemprov. Kaltim bukan TPI. Fungsi PPI dengan TPI itu berbeda. TPI Kenyamukan yang dekat dengan PPI belum memadai karena di sana belum tersedia pabrik es batang, juga sarana layanan Bahan Bakar Minyak (BBM). Sementara TPI di Sangkulirang sana belum memiliki  fasilitas representatif seperti mengadakan air bersih, listrik  dan sebagainya.


Sehingga anjuran Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terkait masyarakat gemar makan ikan, sebenarnya di Kutim sudah berjalan. Hanya saja, volume ikan yang dikonsumsi warga dalam satu bulan, bagi DKP belum tahu persis berapa jumlahnya. “Karena TPI Kutim belum berfungsi sebagaimana yang diharapkan,” bebernya.


Kendala yang dihadapi DKP Kutim sengaja diungkap Nur Ali dalam pertemuan penting, agar kedepan menjadi perhatian Pemkab dalam melakukan pembenahan. Di usia Kutim 18 tahun, dan sebagian wilayah termasuk pesisir. Sudah barang tentu sangat diperlukan adanya TPI. Dari 18 kecamatan se-Kutim, terdapat 7 kecamatan wilayah pesisir dengan panjang pantai sekira 52 kilometer. Yaitu, Teluk Pandan, Sangatta Selatan, Sangatta Utara, Bengalon, Kaliorang, Sangkulirang dan Sandaran. (baharsikki)




Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM