Kamis, 30 November 2017

Berbahaya, BKIPM Balikpapan Musnahkan 149 Ekor Piranha

Ditemukan dari Monitoring BKIPM di Samarinda


Pemusnahan ikan piranha oleh BKIPM Balikpapan (usman/kk)
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kelas I Balikpapan, selalu sigap dalam melakukan tugas, pokok dan fungsinya. Seperti dalam hal pengamanan hasil-hasil laut yang memang dilindungi, agar tidak menjadi permainan bisnis pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan hanya demi mengejar profit belaka.

Kepala BKIPM Kelas 1 Balikpapan Muhammad Burlian dan jajarannya, selalu siaga mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Kamis (30/11/2017), BKIPM memusnahkan ikan yang dianggap berbahaya bila terdapat di perairan umum, yaitu ikan piranha sebanyak 149 ekor.



Jajaran BIKPM Balikpapan sigap dalam menjalankan tugas
“Kami telah melaksanakan pemusnahan terhadap ikan piranha (Serrasalmus sp) sebanyak 149 ekor ukuran 3-4 Cm. Penangkapan ikan piranha tersebut, dari hasil monitoring pemetaan terhadap jenis agen hayati ikan bersifat invasif di wilayah Samarinda,” beber Burlian dalam keterangannya.



Burlian menerangkan, saat monitoring pihaknya menemukan ikan piranha di salah satu toko akuarium di Kota Samarinda. Karena ikan tersebut berbahaya apabila dipelihara dan dilepas di sungai atau perairan umum hingga menyebar, dapat merugikan habitat dan dapat memangsa dengan ganas.



“Maka kita lakukan pemusnahan dan dilakukan sosialisasi pembinaan kepada pemilik ikan piranha tersebut,” imbuh Burlian.



Pantauan media ini, saat dilakukan pemusnahan piranha dihadiri para pejabat eselon 3 dari BKIPM Jakarta, jajaran BKIPM Balikpapan dan pejabat strukturalnya beserta petugas fungsional PHPI. Kegiatan pemusnahan disaksikan perwakilan dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan serta dari pengawas perikanan dari Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan  (PSDKP). (usman jakkatallu)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM