Rabu, 25 Oktober 2017

Retribusi Parkir di Balikpapan, NG Priyono : Potensi Besar yang Belum Mampu Dimanfaatkan



NG Priyono
BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Terkait Rp 1, 5 miliar pendapatan parkir Balikpapan tahun 2017, mendapat penilaian  dari banyak pihak. Salah satunya NG Priyono yang merupakan mantan Ketua KNPI Balikpapan dan mantan anggota DPRD Balikpapan.



Menurut dia, pendapatan itu sama dengan pendapatan 15 tahun yang lalu. Jadi menimbulkan pertanyaan, "ADA APA" dengan pengelolaan parkir Balikpapan. Di sejumlah kota di Jawa : Surabaya, Malang, Yogya, Semarang, Bandung bahwa pendapatan parkir dan retribusi parkir selalu menjadi primadona  ke-3 setelah pajak hotel/restoran dan pajak reklame.



“Ada apa dengan Balikpapan selalu tidak mampu penuhi target APBD pasti ada yang tidak beres,” kata NG Priyono- mantan Panggar DPRD tahun 2000-an.



“Kita secara kasat mata bisa hitung dan data kendaraan R2, R4 maupun R6 dan seterusnya punya potensi pendapat dari parkir Rp 11 m lebih per tahun. Pemkot harus mengkaji ulang apakah parkir tetap ditangani sendiri atau dipihakketigakan. Kalau realisasi tahun 2017 cuma tercapai Rp 1, 5 m saja berarti tidak sampai 17 persen. Sungguh sangat disayangkan potensi besar tapi tidak mampu dimanfaatkan,” bebernya.


“Sayang sekali. Kita ambil contoh  Kota Samarinda yang potensinya kurang lebih Balikpapan mampu meraup uang koin dari pinggiran jalan hampir 6x lebih besar dari Balikpapan,” tegas NG Priyono.  (kk)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM