Sulton : Jika Pelanggan Tidak Bayar Waktu 2 Bulan Dilakukan Penyegelan
Sulton dan reka kerjanya |
"Besaran biaya pada prinsipnya adalah berdasarkan
kubikasi yang dibaca oleh petugas pembaca meter tiap bulan yang hasil kubikasi
pemakaian dalam satu bulan diperhitungkan terjadi nilai nominal yang harus
dibayar oleh pelanggan, maka dengan ini PDAM selalu menyampaikan kepada
pelanggan untuk selalu membayar tepat waktu setiap bulan,” ujarnya Sulton.
"Tujuannya daripada itu semua bahwa pelanggan membayar air tepat waktu sama saja membantu PDAM untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat terutama dalam kontinyunitas pelayanan air bersih kepada pelanggan,mengingat bahwa biaya operasional yang dikeluarkan PDAM cukup besar. Seperti biaya listrik, biaya BBM, biaya pegawai, biaya bahan kimia serta biaya maintenande perbaikan yang terjadi akibat kerusakan. Itu semuanya harus ditanggung oleh PDAM dalam memberikan pelayanan yang maksimal,”.
PDAM sangat berharap kepada pelanggan untuk selalu membayar air tepat waktu dan bayarlah setiap bulan. "Memang kita ketahui air adalah sumber kehidupan artinya di sini masyarakat harus betul-betul menganggap serius sebagai kehidupan ini menjadi prioritas utama. Sehingga sangat diharapkan pelanggan untuk memprioritaskan pembayaran rekening air setiap bulan, mengingat bisnis PDAM adalah memakai dulu airnya baru bayar,” tegas Sulton.
"Tujuannya daripada itu semua bahwa pelanggan membayar air tepat waktu sama saja membantu PDAM untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat terutama dalam kontinyunitas pelayanan air bersih kepada pelanggan,mengingat bahwa biaya operasional yang dikeluarkan PDAM cukup besar. Seperti biaya listrik, biaya BBM, biaya pegawai, biaya bahan kimia serta biaya maintenande perbaikan yang terjadi akibat kerusakan. Itu semuanya harus ditanggung oleh PDAM dalam memberikan pelayanan yang maksimal,”.
PDAM sangat berharap kepada pelanggan untuk selalu membayar air tepat waktu dan bayarlah setiap bulan. "Memang kita ketahui air adalah sumber kehidupan artinya di sini masyarakat harus betul-betul menganggap serius sebagai kehidupan ini menjadi prioritas utama. Sehingga sangat diharapkan pelanggan untuk memprioritaskan pembayaran rekening air setiap bulan, mengingat bisnis PDAM adalah memakai dulu airnya baru bayar,” tegas Sulton.
Jika pealnggan tidak membayar air tepat waktu, dampaknya sangat besar, mengingat itu termasuk tunggakan yang harus diterima
oleh PDAM dan termasuk kehilangan air, akibat tunggankan air yang tidak
dibayarkan oleh pelanggan.
"Harapan kami seluruh masyarakat pelanggan PDAM untuk
bisa membayar air tepat waktu setiap bulan sebelum tanggal 20, kemudian untuk
mengantisipasi kehilangan air dengan tunggakan yang tinggi PDAM menetapkan
aturan apabila pelanggan tidak membayar air dalam waktu dua bulan maka jadi
hak PDAM untuk melakukan penyegelan terhadap meteran, dan apabila bulan ketiga
masih belum melakukan proses pembayaran maka status pelanggan dan meter air
akan dicabut sebagaimana peraturan (perwali No 19 Tahun 2010 tentang sistem
Penyediaan Air Minum pasal 16 ayat 2),” beber tSulton.
Kembali Sulton menegaskan pembukaan kembali akan
dilaksanakan setelah pelanggan melunasi biaya rekening air, denda dan biaya
pembukaan kembali, sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pembukaan kembali
terhadap saluran air yang telah ditutup selam 3 bulan dibebankan biaya
sama dengan biaya pemasangan baru, apabila 2 setelah pembacaan meter
tidak ada sanggahan dari pelanggan dianggap syah. (beny)
Baca Juga :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar