Kamis, 07 September 2017

Krisis Kemanusiaan Rohingnya, Suyoso Nantra : Serahkan Penanganannya pada Pemerintah

Wujudkan Perdamaian Dunia yang Abadi 


Jokowi menanggapi krisis kemanusiaan etnis Rohingnya
BALIKPAPAN, KABARINDONESIA.CO.ID-Pengamat politik, sosial budaya tanah air Suyoso Nantra SSos MM, menyerukan agar krisis kemanusiaan yang terjadi di Rkahine State, Myanyar, disikapi dengan cepat dan tepat, hingga situasi berangsur-angsur dapat pulih kembali. 

Suyoso juga mengimbau kepada semua pihak, agar menyerahkan persoalan ini ke pemerintah, karena pemerintah RI sudah mengambil langkah-langkah terkait krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingnya. 

"Kita serahkan penanganan persoalan itu (krisis kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingnya) kepada pemerintah. Negara kita sudah berbuat, jangan sampai pula tindakan kita gegabah yang bisa saja memunculkan  permasalahan baru," urai Suyoso Nantra. 

Suyoso Nantra
Dirinya mendukung seperti aksi kemanusiaan berupa pengumpulan bantuan untuk para pengungsi etnis Rohingnya. "Bantuan kemanusiaan sangat tepat, dapat meringankan beban penderitaan para pengungsi etnis Rohingnya. Saya mendukung aksi simpatik kemanusiaan seperti itu," tegas Suyoso Nantra. 

"Kita percayakan kepada pemerintah, Presiden Jokowi sudah mengambil langkah-langkah. Kita dukung langkah pemerintah dalam mewujudkan perdamaian dunia. Jangan perdamaian semua, perdamaian yang abadi, dan itu tugas kita semua. Semua, siapa saja butuh damai, aman dan sejahtera," imbuh Suyoso Nantra. 


Untuk diketahui, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi melaporkan, Presiden Jokowi ingin kekerasan di Rakhine State segera berakhir. Retno mengatakan dirinya sudah berkomunikasi dengan tiga orang. Pertama, dengan National Security Adviser-nya Suu Kyi. Kedua, dengan Menteri Luar Negeri Bangladesh Abul Hassan Mahmud Ali.

"Bagaimanapun juga, Myanmar dan Bangladesh harus melakukan kerja sama yang baik dalam penanganan, khususnya penanganan pengungsi, karena tanpa kerja sama yang baik akan sulit penanganan pengungsi ini dilakukan," kata Retno di kompleks Istana Kepresidenan, belum lama ini.

Ketiga, Retno melakukan pembicaraan lewat telepon dengan mantan Sekjen PBB Kofi Annan. Pembahasannya mengenai bagaimana Indonesia berkontribusi untuk mengimplementasikan hasil dari Annan Advisery Commission, yang dipimpin Kofi Annan.

"Karena kalau dilihat dari temporary report yang dikeluarkan pada Agustus yang lalu, apa yang dilakukan Indonesia fit very well dengan rekomendasi yang dikeluarkan komisinya Kofi Annan," katanya.

"Oleh karena itu, harapan dari Kofi Annan sangat besar sekali bahwa Indonesia dapat membantu mengimplementasikan rekomendasi yang dikeluarkan Kofi Annan," tambahnya.

Selain itu, Retno berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Turki guna membahas situasi terkini di Rakhine State.
Lalu, bagaimana tanggapan Presiden Jokowi?

Retno mengatakan Jokowi sangat ingin kekerasan yang terjadi di Rakhine State bisa segera teratasi. Jokowi juga setuju dengan langkah yang diambil oleh Retno terkait permasalahan di Rakhine State tersebut.

"Presiden sangat setuju dan kita akan meneruskan pendekatan konstruktif kita kepada Myanmar, tentunya yang paling utama bagaimana pemerintah Myanmar dapat mengembalikan situasi keamanan di Rakhine. Kemudian semua kekerasan harus dihentikan karena sekali lagi yang menjadi korban adalah warga sipil, jadi aspek humanitarian perlu terus dikemukakan diutamakan," jelas Retno.

Retno menambahkan Indonesia akan tetap membantu dari aspek kemanusiaan. Saat ini Indonesia sudah punya 6 sekolah di Rakhine State.

"Kita juga membantu dari segi bahan makanan, obat-obatan kita akan kirim segera. Dan kita sekarang akan mulai membangun rumah sakit yang cukup besar di Rakhine State. Tadi saya sudah sampaikan kepada Presiden jadi sekali lagi kita melakukan pendekatannya secara komprehensif sekali, tentunya masalah kemanusiaan menjadi prioritas agar tidak jatuh korban tidak berdosa lebih banyak lagi," jelas Retno. (tw/net)
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM