Senin, 28 Agustus 2017

Lomba Kibar Bendera Sukses Digelar : Tumbuhkan Patriotisme Para Pelajar Balikpapan




BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-Sebanyak 45 tim memeriahkan Lomba Kibar Bendera (LKB) dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-72 garapan anggota Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Balikpapan.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor DinasaPendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan 26 Agustus 2017, sangat meriah. Peserta yang terdiri dari kategori sekolah dasar dan lanjutan atas saling menunjukkan keterampilan baris-berbarisnya dan mengibarkan bendera.


Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan yang diwakili Kepala Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Mukiran, diungkapkannya kegiatan ini sangat positif. Bahkan melalaui kegiatan LKB ini, dapat ditanamkan jiwa patriotisme bagi pelajar.

Ekky G Prasetya selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, ada sebanyak 23 peserta sekolah dasar, 13 SLTP dan 10 SLTA /SMK. Mereka menunjukkan kemampuannya dalam mengibarkan bendera. 


Beberapa peserta ada yang gagal dan ada yang berhasil. “Inilah tantangan dalam lomba kibar bendera, walaupun kita sering melakukan di sekolah, tapi pada saat lomba ini kita mengetahui masih banyak peserta yang harus belajar lagi karena gagal,” ujar Ekky. 


Kegagalan itu bervariasi, ada yang tidak sempurna pada saat membentang, bendera telilit atau tidak rapi. Atau pun ada yang mengerek bendera terlambat sampai di puncak setelah lagu Indonesia Raya usai. 

Ditambahkan Sekretaris Panitia Yunita Triyandani, dari LKB ini, diharapkan seluruh peserta mengambil pelajaran bahwa harus tetap giat berlatih. Bagi yang gagal jangan berkecil hati begitu pula yang menang semoga ke depan lebih baik lagi.
 
“Terus berlatih dengan giat, jadikan ini menjadi motivasi semua peserta untuk ke depannya lebih baik lagi,” terang Yunita PPU angkatan 2012 ini.


Hal senada juga diungkapkan Ketua PPI Kota Balikpapan Danang Agung, menang dan kalah dan menang dalam LKB ini bukan tujuan utama. Menumbuhkembangkan semanga nasionalisme dan menghargai simbol-simbol negara seperti bendera dan Pancasila menjadi hal sangat penting. Sebagai orang muda dalam hal ini pelajar adalah generasi yang wajib menanamkan semangat itu di dalam kehidupannya.


“Tujuan dari LKB ini adalah mewujudkan semangat patriotisme bagi pelajar-pelajar Balikpapan. Sehingga mereka akan menghargai perjuangan bangsa dan simbol-simbol negera yang telah merekatkan negara Indonesia seperti tema kegiatan ini Kami Paskibraka, Kami Indonesia, Kami Pancasila,” tandas Danang. (tim kk)


Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

NEWS UPDATE

SPACE AVAILABLE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM