Agustus 18, 2017

HUT ke-72 RI, PDAM Serah Terima Pemasangan Air MBR dan Bagi Sembako




BALIKPAPAN, KABARKALTIM.CO.ID-17 Agustus 2017, seluruh pegawai PDAM Kota Balikpapan, melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI yang ke – 72, upacara yang dilaksanakan di aula Graha Tirta PDAM Kota Balikpapan, tidak menyurutkan semangat bagi seluruh tim PDAM untuk melaksanakannya dengan penuh hikmat, walaupun hujan. 


Upacara tetap berlangsung di dalam ruangan tanpa mengurangi makna dari pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan Indonesia.  Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan, Haidir Effendi selaku Inspektur Upacara yang bertugas membaca sambutan Walikota Balikpapan H. Rizal Effendi, setelah selasai upacara dilanjutkan dengan kegiatan pemberian tali asih kepada pensiunan yang berdedikasi dan berkarya bersama PDAM Kota Balikpapan. 


Haidir menyampaikan,kemerdekaan Indonesia yang ke – 72 tahun ini merupakan bukti nyata bahwa kemerdekaan harus diisi dengan semangat juang dan ayo kita kerja dalam membangun peradaban, khususnya semangat bagi para pegawai PDAM Kota Balikpapan dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. 


Tidak hanya itu saja, di momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 72 tahun, PDAM Balikpapan juga melaksanakan kegiatan simbolis serah terima pemasangan sambungan air bagi pelanggan yang tergolong Masyarakat Berpenghasilan Rendah, yaitu Program Hibah Air Minum Perkotaan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tahun 2017, kegiatan serah terima ini langsung dihadiri dan diserahkan oleh Walikota Balikpapan H. Rizal Effendi kepada perwakilan masyarakat yang menerima hibah air minum untuk pemasangan air bagi pelanggan MBR.  

Kegiatan simbolis serah terima dilaksanakan di Jl Manunggal Gunung Bakaran RT 21, sekaligus pemberian bantuan CSR sembako bagi penerima pelanggan MBR. Dalam kesempatan tersebut Walikota menyampaikan, dengan pertumbuhan Kota Balikpapan yang cukup pesat, kebutuhan air bersih dapat dipastikan terus meningkat, seiring dengan laju pertumbuhan dan perbaikan tingkat kesejaheraan masyarakat yang berdampak pada pergeseran standar mutu kehidupan penduduk. 

Salah satu cara untuk meningkatkan dan menambah pertumbuhan pelanggan PDAM dengan mengikuti kegiatan progam hibah amir inum perkotaan melalui MBR APBN 2017. 

"Alhamdulillah, ini untuk ketiga kalinya kita mendapat bantuan hibah air minum dari Pemerintah Pusat (2015, 2016 dan 2017), di tahun 2017 ini usulan yang kita ajukan melalui Minat Program Hibah Air Minum APBN Tahun 2017, ditujukan kepada Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dari ususlan 1.000 pemasangan sambungan rumah, realisasi yang diterima dan memenuhi syarat secara teknis ataupun administrasi sebanyak 813 pemasangan sambungan rumah, dengan penerimaan dana hibah dari Kementerian PUPR Cipta Karja untuk penggantian dari Penyertaan Modal Pemerintah Daerah sebesar Rp 2,4 Miliar," beber Haidir Effendi.






Haidir juga menambahkan di antara kemudahan yang diperoleh bagi masyarakat yang menerima Hibah Air Minum Kota Balikpapan tahun 2017, pembayaran biaya sambungan baru mendapat keringanan sebesar 50% dari biaya normal sambungan baru PDAM Kota Balikpapan kecuali biaya persil (Pipa setelah meteran) Pelanggan, dan kemudian pembayaran dapat diangsur maksimal selama 12 bulan, dengan total biaya sambungan air MBR hanya Rp. 1.428.300.  

Kegiatan pemasangan air MBR ini dilaksanakan dari Mei 2017 sampai dengan akhir Agustus 2017 dengan tersebar di 5 Kecamatan Kota Balikpapan, di antaranya Balikpapan Utara 707 Sambungan, Balikpapan Kota 38 Sambungan, Balikpapan Timur 27 Sambungan, Balikpapan Tengah 20 Sambungan dan Balikpapan Selatan 21 sambungan rumah, dengan Progres pemasangan yang dilaksanakan sampai dengan Akhir Agustus 2017. 

Sesuai kesepakatan PDAM Kota Balikpapan dengan Direktur Jendral Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, telah dilaksanakan pemasangan 598 sambungan rumah, kemudian yang masih dalam proses pemasangan sebanyak 215 sambungan rumah dan Total keseluruhan Pemasangan MBR tahun 2017 sebanyak 813 sambungan rumah.





Diakhir kegiatan Haidir menyampaikan kembali, bahwa dengan mengikuti program ini diharapkan pemerintah daerah penerima hibah dapat memanfaatkan dan melanjutkan kebijakan penambahan modal PDAM sesuai dengan kebutuhan pelayanan bagi Masyarakat Balikpapan, serta dapat meningkatkan Kinerja Pengelolaan dan pelayanan PDAM kepada para pelanggannya terutama masyarakat berpenghasilan rendah, imbuhnya. (*/beny)








Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Follow Kami

NEWS UPDATE

POPULER

INFO LOWONGAN KERJA

JADWAL PENERBANGAN BANDARA SAMS SEPINGGAN BALIKPAPAN

INFO CUACA KALTIM